800 Guru PAI di Palembang sudah tersertifikasi

id guru,guru agama islam,kantor kementerian agama

800 Guru PAI di Palembang sudah tersertifikasi

Ilustrasi - Guru saat mengajar di Sekolah Dasar (Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 800 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kota Palembang sudah tersertifikasi. 

"800 guru bersertifikasi itu tersebar di sekolah umum SD, SMP dan SMA sederajat, bahkan sudah banyak yang ikut Tunjangan Profesi Guru (TPG)," Kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang Deni Priansyah di Palembang, Sabtu (2/6).

Menurutnya jumlah guru bersertifikasi tersebut sudah mencukupi tenaga pengajar agama islam di kota Palembang, meskipun tahun ini ada 200 guru PAI yang pensiun. 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang Deni Priansyah di Palembang, Sabtu (2/6). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)
Dia menjelaskan pergantian 200 guru  pensiun tersebut masih menunggu keputusan dari Kementerian PAN-RB, namun dalam aturannya guru pensiun harus sudah bersertifikasi. 

"Walaupun misalnya guru tersebut non-PNS tapi sudah bersertifikasi maka dia tetap dipensiunkan," lanjut Deni. 

Meskipun guru PAI di lingkungan sekolah cukup, pihaknya tetap mendorong penambahan guru agama islam untuk pendidikan non-formal seperti TPQ dan Majelis Taklim. 

Guru PAI pendidikan Non-formal tersebut, menjadi tugas sarjana-sarjana baru bidang agama islam, ia berharap sarjana baru bisa membuka tempat-tempat pendidikan luar sekolah dibanding melamar kerja di sekolah-sekolah. 

"Lulusan sarjana agama islam yang bergerak dibidang pendidikan harus punya wawasan membuka lapangan kerja, bisa membuka pendidikan non-formal di masyarakat baik TPQ ataupun majelis taklim, karena semua orang prinsipnya butuh ilmu, tidak hanya yang di sekolah," tegas Deni.