Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme D'or Cannes

id Shoplifter,film jepang,berita sumsel,berita palembang,film cannes,palme d'or

Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme D'or Cannes

Film Shoplifter. (qetic.jp)

Cannes (Antara/Reuters) - Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda meraih Palme d'Or di Festival Film Cannes pada Sabtu atas filmnya, "Shoplifters", yang memukau penonton karena penggambaran halus tentang kehidupan keluarga dan plot mengejutkan.

Kemenangan sutradara dengan hadiah pada festival pada tahun-tahun sebelumnya itu mematahkan spekulasi bahwa penghargaan Palme akan diraih wanita sutradara, dengan tiga pesaing kuat dalam setahun ketika skandal pelecehan seksual Hollywood menjadi pembicaraan di kota tersebut.

Satir politik karya Spike Lee berjudul "BlacKkKlansman", yang berdasarkan atas kisah nyata seorang perwira polisi kulit hitam, yang menyusup ke Ku Klux Klan pada 1970-an, mendapatkan penghargaan "runner-up", Grand Prix.

Wanita sutradara Nadine Labaki dari Lebanon, merebut Hadiah Juri atau setara dengan medali perunggu atas karyanya, "Capharnaum", drama realis tentang pengabaian masa kanak-kanak di daerah kumuh Beirut.

Sementara itu, Pawel Pawlikowski dari Polandia memenangkan Sutradara Terbaik untuk karyanya "Cold War", sebuah romansa yang bergerak dari kalangan petani Polandia ke klub jazz Paris dan kembali pada rentang waktu dari tahun 1940-an hingga 1960-an.

"Girl", drama Belgia tentang perjalanan gadis remaja banci menjadi pebalet, yang disutradarai Lukas Dhont, mendapatkan Camera d'Or untuk sutradara awal terbaik.