Pesona budaya Indonesia dalam layar film

id Film indonesia,hari film nasional,hari film 2024,budaya dalam film,promosi budaya,budaya Indonesia

Pesona budaya Indonesia dalam layar film

Cuplikan film "Kartini" yang terinspirasi kisah Raden Ajeng Kartini memperjuangkan kesetaraan antara pria dan wanita. ANTARA/HO/IMDB

Jakarta (ANTARA) - Film Indonesia tidak hanya mempersembahkan hiburan, tetapi juga sebagai jembatan yang menghadirkan pesona budaya dan keajaiban alam di Tanah Air. Pesona inilah yang, antara lain, mengundang penonton betah menjelajahi keunikan Indonesia lewat layar.

Dengan visual yang memukau dan kisah yang memikat, film-film Indonesia menjadi jendela terbuka bagi pandangan global tentang kehidupan, tradisi, dan nilai-nilai yang kaya negeri ini. Melalui setting yang autentik, bahasa lokal, dan melibatkan tema-tema budaya yang khas, film-film Indonesia muncul sebagai duta luar biasa yang memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara ke dunia.

Lebih dari sekadar sumber hiburan, film-film negeri ini bahkan menjadi instrumen pendidikan yang efektif tentang kebudayaan Indonesia. Dengan menampilkan kekayaan tradisi lokal, pakaian adat, tarian tradisional, makanan khas, hingga pariwisata, film-film lokal memberikan wawasan mendalam tentang keanekaragaman budaya Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid menyatakan kepada ANTARA bahwa film Indonesia saat ini menampilkan keberagaman yang luar biasa, baik dari segi genre, tema, maupun latar belakang.