Pemkot ajak warga buat bank sampah

id bank sampah,sampah,sekda kota,tpa,manfaatkan sampah,pemkot palembang

Pemkot ajak warga buat bank sampah

Arsip - BLH Kota Palembang kembangkan program Bank Sampah (ANTARA News Sumsel/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus mengajak warga kota setempat memanfaatkan sampah yang masih memiliki nilai ekonomi dengan membuat bank sampah di sekitar kawasan permukiman penduduk, perkantoran, pasar dan tempat lainnya.

Sampah dari rumah tangga, kegiatan perkantoran, rumah sakit dan tempat lainnya masih banyak yang bisa diolah dan dimanfaatkan kembali, namun saat ini belum banyak yang memanfaatkannya, kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembag, Kamis.

Menurut dia, pemanfaatan sampah tersebut jika dilakukan secara maksimal sangat membantu petugas dinas kebersihan kota yang kewalahan mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Jika banyak berdiri bank sampah, pihaknya optimistis mampu mengurangi tumpukan sampah yang dapat memperburuk wajah kota dan menimbulkan gangguan kesehatan itu.

"Tidak hanya dapat membuat lingkungan menjadi lebih indah dan sehat, dengan adanya bank sampah bisa memberikan penghasilan tambahan bagi warga kota," ujarnya.

Dia menjelaskan, sekarang ini terdapat ribuan ton sampah yang dihasilkan penduduk Kota Palembang setiap harinya, dari jumlah itu sekitar 800 ton saja yang bisa diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Peran serta dari warga kota ini sangat diharapkan dalam pengelolaan sampah yang volumenya setiap tahun mengalami peningkatan, karena pihaknya memiliki keterbatasan armada dan petugas kebersihan, kata Harobin.