Pertamina Sumbagsel terus galakan pengurangan sampah untuk jaga lingkungan

id Sumsel,pertamina patra niaga,Upaya pengurangan sampah,Hari peduli sampah nasional,Sampah jadi berkah

Pertamina Sumbagsel terus galakan  pengurangan sampah untuk jaga lingkungan

Pertamina Patra Niaga Sumbagsel mengupayakan pengurangan sampah melalui kegiatan Sampah Jadi Berkah yang diikuti oleh pekerja dan mitra kerja perusahaan untuk menjaga lingkungan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. ANTARA/HO-Pertamina

Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengupayakan pengurangan sampah melalui kegiatan Sampah Jadi Berkah yang diikuti oleh pekerja dan mitra kerja perusahaan untuk menjaga lingkungan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

“Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari kami melakukan upaya pengurangan sampah melalui kegiatan Sampah Jadi Berkah yang diikuti oleh pekerja dan mitra kerja,” kata Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho, dalam keterangan yang diterima di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan Sampah Jadi Berkah merupakan gerakan pengurangan timbunan sampah anorganik dan organik baik di rumah tangga maupun di lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 12 Februari 2024. Tidak hanya di Sumatera Selatan, kegiatan ini juga dilakukan di Provinsi Jambi yang berfokus pada sampah organik.

“Gerakan Sampah Jadi Berkah ini mampu mengurangi sampah sebanyak hampir mencapai 1,5 ton sampah anorganik dan 100 kg sampah organik. Sampah yang telah terkumpul diserahkan kepada mitra binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel untuk diolah menjadi berbagai produk seperti sabun cuci piring, tas, karpet serta kerajinan tangan lainnya sehingga dapat menambah pendapatan kelompok mitra binaan,” jelasnya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat mendukung program-program pemerintah dalam penanganan sampah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu gerakan untuk peduli akan sampah, baik sampah rumah tangga maupun yang ada di lingkungan sekitar, yang nantinya sampah ini akan bermanfaat bagi banyak orang, sehingga dapat mengurangi sampah di lingkungan sekitar dan tentunya menambah pendapatan masyarakat,” ujarnya.

Pertamina juga memberikan bantuan rumah bank sampah kepada Bank Sampah Rumah Limas sebagai wadah kelompok dalam memilah dan mengelola sampah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

Lurah Dua Puluh Empat Ilir Achmad Ali Qosim mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina atas dukungannya dengan memberikan bantuan untuk Bank Sampah Rumah Limas.

“Rumah bank sampah ini nantinya dapat dijadikan sebagai gerai produk-produk olahan sampah, tempat memilah dan mengelola sampah sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar bahwa sampah juga memiliki nilai tambah,“ kata dia.