Pelajar SMA di Palembang siapkan pendaftaran SNMPTN

id SNMPTN,pelajar palembang,siswa sma,Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri,masuk universitas negeri,web.snmptn.ac.id,persiapan ikut snmptn

Pelajar SMA di Palembang siapkan pendaftaran SNMPTN

Arsip- Sejumlah peserta Tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah pelajar SMA sederajat di Palembang, Sumatera Selatan mulai melakukan berbagai persiapan untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN yang dibuka secara daring sejak 21 Februari hingga 6 Maret 2018.

Waktu pendaftaran relatif singkat, jika persyaratan yang dibutuhkan sudah siap dalam waktu satu atau dua hari ke depan segera dilakukan pendaftaran, kata salah seorang pelajar, Rasmila Sari di Palembang, Kamis.

Menurut dia, sekarang ini sedang dilakukan persiapan pas foto, sertifikat prestasi dan beberapa berkas lainnya sebagai persyaratan yang harus diunggah di laman website http://web.snmptn.ac.id.

Untuk mengunggah berkas persyaratan pendaftaran SNMPTN, harus mengunakan kata kunci yang diberikan pihak sekolah setelah dinyatakan lulus seleksi berkas Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca juga: SNMPTN tak mempertimbangkan nilai UN-USBN

Dalam pendaftaran SNMPTN ini, dia merencanakan memilih beberapa jurusan di kampus lokal Universitas Sriwijaya (Unsri), dan tidak tertarik untuk kuliah di luar Kota Palembang.

Sementara Humas SNMPTN Unsri, Zulkifli Dahlan menjelaskan bahwa dalam pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini tidak ada pungutan biaya.

Pelajar SMA sederajat yang 2018 ini segera menyelesaikan studinya dipersilakan melakukan pendaftaran secara daring setelah dinyatakan lulus seleksi berkas PDSS dan mendapat kata kunci (password) akses masuk laman website http://web.snmptn.ac.id dari sekolah masing-masing.

Proses pendaftaran berlangsung hingga 6 Maret 2018, dan pengumumannya akan dilakukan pada 17 April 2018 secara daring (online).

Sedangkan bagi pelajar yang tergolong tidak mampu dipersilakan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur bidik misi secara daring di laman website http://bidikmisi.belmawa.ristekdiktik.go.id, kata Zulkifli.
(T.Y009/B/B012/B012)
Baca juga: SNMPTN dilaksanakan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik