Kualitas madrasah swasta harus ditingkatkan

id kakanwil kemenag, madrasah, kualitas madrasa swasta ditingkatkan, sekolah madrasah, murid madrasah, siswa madrasah

Kualitas madrasah swasta harus ditingkatkan

Kakanwil Kemenag Sumsel Al Fajri Zabidi (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Sumatera Selatan HM Al Fajri Zabidi mengatakan, kualitas pendidikan madrasah swasta harus ditingkatkan karena minat masyarakat terhadap sekolah bidang agama sangat besar.

"Jadi masih perlu perhatian terhadap madrasah terutama yang swasta mengenai standar pelayanan minimun," kata Kakanwil saat berbicara dihadapan anggota Dewan Pertimbangan Presiden di Jakarta sebagaimana disampaikan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin di Palembang, Senin.

Menurut dia, saat ini madrasah swasta jauh tertinggal dibanding negeri padahal minat masyarakat sangat besar untuk bersekolah di madrasah.

Sementara untuk masuk sekolah madrasah negeri tidak tertampung sehingga mereka terpaksa ke-swasta, ujar dia.

Jadi madrasah swasta harus menjadi perhatian terutama kualitas pendidikannya tersebut, kata dia.

Dia mengatakan, pendidikan di sekolah swasta masih banyak kekurangan seperti sarana dan prasarana pendukung. Sementara mengenai indikator standar pelayanan minimum yang harus dipenuhi dan menjadi tanggungjawab masing-masing madrasah yaitu adanya sarana dan prasarana pendidikan yang baik.

Selain itu adanya tenaga kependidikan yang berkualitas dan kompeten, terlaksananya kurikulum dan sistem penilaian pendidikan, ujar dia.

Kemudian berlangsungnya penjaminan mutu yang sesuai dengan standar, terwujudnya manajemen madrasah yang memadai.

Sementara anggota Dewan Pertimbangan Presiden Prof Malik Fajar dalam kesempatan tersebut menyoroti tentang pengertian madrasah dan masih minimnya sarana prasarana pada madrasah swasta.

Pihaknya mendorong agar standar minimal pelayanan madrasah terpenuhi dan itu perlu usaha bersama, tambah dia.