Pelantikan Panwascam dilaksanakan serentak

id Panwas, M Taufik, panwascam, pelantikan, pilkada, calon panitia pengawas, pemilu

Pelantikan Panwascam dilaksanakan serentak

Ketua Panwas Palembang M Taufik (ANTARA Sumsel/Susilawati/Ang/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pelantikan calon panitia pengawas kecamatan di Kota Palembang akan dilaksanakan serentak dengan kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Selatan.

Ketua Panwas Kota Palembang, M Taufik di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya sudah mengumumkan calon panitia pengawas kecamatan yang lolos tes wawancara beberapa hari lalu.

Menurut dia, setiap kecamatan diambil tiga orang, karena di Palembang terdapat 18 kecamatan, maka totalnya 54 orang.

"Sekarang ini, kita masih menunggu jadwal pelantikan para panwas tersebut, karena informasinya akan dilaksanakan serentak. Jadi, kita menunggu jadwal dari Bawaslu Sumatera Selatan untuk pelaksanaan pelantikannya," katanya.

Ia mengatakan, tadinya untuk pelaksanaan pelantikan panwascam itu direncanakan pada akhir Oktober 2017 ini.

 Akan tetapi, lanjutnya, karena mau dilaksanakan serentak pihaknya menunggu jadwal dari Bawaslu Sumatera Selatan.

Para panwascam tersebut setelah dilantik sudah harus mulai bekerja dalam menghadapi pilkada serentak 2018, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumatera Selatan, Junaidi menyatakan, pelantikan panwascam itu dilaksanakan serentak pada 8 November 2017 di Kota Palembang.

"Kita akan melaksanakan pelantikan panwascam serentak di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang sekaligus apel pengawasan. Kita siap menjadi pengawas dalam pelaksanaan pemilu," tuturnya.

Selanjutnya para panwascam itu nantinya akan mengikuti bimbingan teknis sehingga diharapkan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, katanya.

                         Penandatangan NPHD
Panwas Kota Palembang juga  berharap naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) segera ditandatangani karena sekarang sudah masuk tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2018.

Pihaknya sudah mengusulkan anggaran Rp36 miliar,  sampai sekarang ini  NPHD tersebut belum ditandatangani.

Ia menyampaikan, terkait dengan anggaran itu pihaknya terus berkoordinasi dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) pemerintah Kota Palembang.

"Rencananya pada hari ini saya akan bertemu dengan pemerintah Kota Palembang untuk membahas anggaran tersebut," ujarnya.

Ia menuturkan, kalaupun memang nantinya ada pengurangan, tentunya akan dilihat mana program yang bisa dikurangi dan mana yang tidak bisa.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel serta ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.