Mukomuko usulkan normalisasi lima saluran air

id saluran air, normalisasi, bnpb, mengatasi banjir, mukomuko, Ramdani, pembangunan Box Culvert

Ilustrasi Perbaikan saluran air (ANTARA)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan normalisasi lima saluran air kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan di Kecamatan Kota Mukomuko.

"Kami sudah membuat usulan lima kegiatan normalisasi saluran air di Desa Ujung Padang hingga ke saluran pembuangan ke Sungai Selagan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani, di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, bagian dari fisik kegiatan normalisasi lima saluran air tersebut berupa pembangunan "Box Culvert" di lima titik saluran air yang menjadi penyebab banjir saat musim hujan di Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menyebutkan, anggaran untuk kegiatan normalisasi saluran air ini bervariasi berkisar Rp204 juta hingga Rp250 juta per satu lokasi saluran air tersebut.

Ia menjelaskan, jenis kegiatan normalisasi saluran air dengan cara pelebaran parit, termasuk penggalian agar air dapat mengalir lancar melalui saluran tersebut.

"Kita dalamkan lagi agar saluran itu dapat menampung air dalam jumlah besar," ujarnya.

Ia berharap, usulan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi  pascabanjir di daerah itu dapat terlaksana tahun ini.

Ia menyebutkan, sedikitnya 22 bangunan rumah warga masyarakat di Kecamatan Kota Mukomuko yang terendam banjir yang berasal dari luapan air dalam parit pascahujan lebat yang mengguyur wilayah itu sejak Senin malam (6/3) hingga Selasa dini hari (7/3).

Banjir yang terjadi saat musim hujan tersebut merendam bagian pekarangan dan teras rumah sejumlah warga di Kecamatan Kota Mukomuko.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar