Tahapan Pilkades PALI serentak digelar Januari 2017

id pilkades, pilkades serentak, pelaksanaan pilkades

Tahapan Pilkades PALI serentak digelar Januari 2017

Ilustrasi-Pemilihan Kepala Desa. (Antarasumsel.com/Grafis/Ang/Parni)

Penukal Abab (Antarasumsel.com)- Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan yang sempat ditunda akhir tahun 2016 bakal dilaksanakan secara serentak awal tahun 2017.

Tertundanya pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak itu, karena terkendala rancangan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang masih dalam tahapan kajian, dan menunggu keluarnya Peraturan Bupati (Perbub).

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten setempat,  A Gani di PALI, Kamis mengatakan bahwa tahapan Pilkades segera dilaksanakan pada Januari 2017.

Ia berharap, masyarakat  yang ada di 18 desa akan melaksanakan Pilkades untuk bersabar, karena harus benar-benar diperhitungkan dengan matang agar tidak menimbulkan masalah.

"Setelah tahapan Pilkades, di bulan Maret pelaksanaan serentak bisa selenggarakan dan tidak mundur lagi," katanya.

Pelaksanaan tahapan Pilkades akan segera dilakukan sosialisasi di bulan Januari.  Begitu juga pembentukan kepanitiaan di seluruh desa yang akan melaksanakan Pilkades segera disiapkan, kata A Gani.
    
Pihaknya segera menggelar rapat dengan camat se Kabupaten PALI untuk mengkoordinasikan Pelaksanaan kegiatan Pilkades.

Langkah berikutnya diadakan pertemuan dengan seluruh Kades, setelah itu baru mengadakan rapat dengan 18 Kades serta perangkatnya di 18 desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Nantinya ke-18 desa yang melaksanakan Pilkades serentak dibantu biaya sebesar Rp15 juta/desa berasal dari APBD Kabupaten PALI tahun 2017. Jika dana itu dirasa kurang, maka akan dibebankan kepada masing-masing desa tersebut.

"Pemerintah Kabupaten PALI meminta dukungan semua pihak agar pelaksanaan Pilkades bisa terlaksana pada bulan Maret, serta berjalan dengan tertib, aman dan sukses," katanya.