Sekda OKI sebut Pilkades Serentak 2023 didaerah itu kondusif

id Pilkades serentak, OKI Sumsel, desa

Sekda OKI sebut Pilkades Serentak 2023 didaerah itu kondusif

Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Ogan Komering Ilir. (Antara/HO/Diskominfo)

Kayuagung, OKI (ANTARA) - Sekretaris Daerah Ogan Komering  Ilir H Husin menyebutkan pelaksanaan Pilkades  serentak tahun 2023 di 56 desa di daerah itu berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif. 

"Sebanyak 56 desa hari ini serentak menggelar pemilihan, sampai dengan sore ini tidak ada laporan adanya desa yang gagal melaksanakan pungutan suara," kata Husin saat memantau pemungutan suara di TPS 6, Desa Celikah Kayuagung, Senin, (26/6) 

Untuk mendukung kesuksesan pilkades serentak, menurut dia  seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di dukung oleh TNI dan aparat kepolisian dikerahkan ke 202  TPS guna memastikan kinerja panitia telah berjalan sesuai peraturan perundang-undangan. 

"Begitu juga dengan pengamanan situasi dan kondisi pemungutan suara, kalah menang tetap damai," katanya. 

Secara khusus Husin mengapresiasi kepada Bupati OKI, H Iskandar, SE Wakil Bupati (Wabup) Dja’far Shodiq termasuk Forkopimda yang telah memberikan arahan serta bimbingan, sehingga Pilkades Serentak Tahun 2023 berjalan aman, tertib, lancar, dan kondusif. 

"Penghargaan yang luar biasa kepada para Kepala SKPD beserta jajarannya, para camat beserta unsur Forkompimcamnya yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga pelaksanaan Pilkades ini berjalan sukses," ucapnya 

Tingginya antusias masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya menunjukkan makin baiknya Pendidikan politik masyarakat. 

"Jika masyarakat terpanggil untuk memilih calon pemimpin dalam pemerintahan desa artinya indikasi pendidikan berpolitik itu bagus," tegasnya. 

Selain itu, ia menghimbau kepada panitia pemilihan untuk benar-benar melaksanakan pemilihan seusai dengan aturan yang berlaku. 

"Bagi calon kades dan para pendukung untuk menerima apapun hasilnya, kalau dinyatakan kalah tentunya harus menerima kekalahannya dan bekerja sama dengan calon yang dinyatakan menang, karena ini semua ditentukan oleh pilihan masyarakat dan demi kemajuan dari desa yang dipimpinnya tersebut," pungkasnya.