RSMH operasi transplantasi Ginjal pertama di Sumatera

id rsmh, operasi ginjal

Pasien operasi ginjal di RSMH Palembang (Foto antarasumsel.com/Feny)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Rumah Sakit dr Moehammad Hoesin Palembang melakukan operasi transplantasi ginjal pertama di Sumatera, kata perwakilan tim dokter yang juga Ketua Pernefri Sumsel Dr Ian Effendi Sp PD K-GH FINASIM.

Operasi yang dilakukan pada Riskiyana, pasien gagal ginjal berusia 29 tahun ini dimulai Kamis pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 13.00 WIB.

"Pascaoperasi, musuh paling berbahaya bagi pasien adalah infeksi karena itu pasien harus dijaga sterilnya," kata Ian ketika ditemui di Rumah Sakit Umum dr Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Menurut dia, Riskiyana sendiri menerima donor ginjal dari ibu kandungnya, Maemunah warga Kecamatan Plaju Palembang.

Keluarga menyambut gembira atas berhasilnya operasi transplantasi ginjal ini.

"Awalnya kami ragu tapi ibunya yang minta dan disambut baik anak kami. Alhamdulillah operasi berjalan lancar," ujar Abas, ayah pasien dijumpai di sela penayangan terbuka proses operasi di Aula RSMH Palembang.

Pria yang sehari harinya membuka warung kopi itu bersyukur operasi yang seharusnya menelan biaya sekitar Rp450 juta itu bisa dijalani putrinya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

DR dr zulkhair Ali Sp PD K-GH FINASIM, spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi RSMH Palembang menjelaskan dalam rangka HUT RSMH itu, pihak rumah sakit menanggung sebagian biaya, sementara sisanya ditanggung oleh BPJS.

"Kita bersyukur BPJS mau menanggung biaya sangat besar Rp250 juta dari total Rp450 juta biaya operasi ini," kata dia.

Menurut dia, kendala penyelenggaraan operasi transplantasi ginjal ini bagi pasien penderitanya adalah biaya dan pendonor.

Mencari pendonor tidaklah mudah karena harus menyesuaikan beberapa hal seperti golongan darah dan kualitas ginjal pendonor, katanya.

Operasi transplantasi pertama di RSMH ini mendapat bimbingan dari tim dokter ahli Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Dijelaskannya, dari RSCM berperan sebagai pembimbing untuk operasi pertama hari ini dan operasi pasien selanjutnya.

Kemudian operasi ketiga mereka akan berperan sebagai supervisi dan selanjutnya RSMH dapat melakukan operasi transplantasi ginjal secara mandiri.

"Secara alat dan keahlian sejak 2014 kita sudah siap namun baru sekarang kita mulai proses ini, " jelasnya.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar