Jamkrida Sumsel fasilitasi UMKM peroleh bantuan modal

id Jaminan Kredit Daerah, Jamkrida sumsel, umkm, modal usaha, kredit

Jamkrida Sumsel fasilitasi UMKM peroleh bantuan modal

Ilustrasi - Pelaku UMKM(Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Badan Usaha Milik Daerah PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan berupaya memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah memperoeh bantuan modal usaha.

"Selama ini pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman atau bantuan modal usaha karena tidak memiliki jaminan. Untuk itu pihaknya berupaya membantu sebagai penjamin bagi pelaku usaha tersebut," kata Direktur Utama PT Jamkrida Sumatera Selatan Dian Askin Hatta, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, perusahaan yang beroperasi sejak dua tahun terakhir ini terus berupaya memberikan kontribusi dalam mendorong pengembangan UMKM di provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam cukup besar itu.

Hingga kini ribuan pelaku UMKM telah difasilitasi memperoleh pinjaman dari perbankan dan bantuan modal usaha dari lembaga pengelola dana bergulir (LPDB), katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya PT Jamkrida, pelaku UMKM yang serius menjalani usaha dan berupaya melakukan pengembangan tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman modal usaha kepada pihak perbankan dan LPBD.

Pelaku UMKM yang difasilitasi PT Jamkrida tidak ada yang ditolak saat mengajukan pinjaman modal usaha ke bank walaupun tidak memiliki jaminan/agunan kredit, karena pihaknya yang bertindak sebagai penjamin atas sejumlah dana pinjamannya.

Dengan dukungan dan kemudahan memperoleh bantuan modal usaha, diharapkan UMKM di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini dapat berkembang dengan baik dan mampu menyerap lapangan pekerjaan lebih banyak, kata Askin.