Dinas Kebersihan OKU tunda pembangunan lampu hias

id lampu hias, proyek pembangunan lampu hias

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebersihan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengakui penyelesaian proyek pembangunan lampu hias di Jembatan Ogan III Baturaja tertunda dari batas akhir waktu Juni 2014.

Kabid Keindahan Dinas Kebersihan Kota (DKK) Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Sunarto di Baturaja, Minggu membenarkan jika proyek pembangunan lampu hias di Jembatan Ogan itu penyelesaiannya tertunda dari jadwal semula.

Menurut dia, tertundanya pembangunan lampu hias itu bukan karena ada unsur kesengajaan, melainkan belum ditemukannya pihak kedua untuk melakukan pengerjaan proyek tersebut.

"Benar molor, karena sampai saat ini kita belum menemukan pemborong yang tepat untuk melakukan pengerjaan pembangunan lampu hias jembatan tersebut," tegasnya.

Sunarto menjelaskan, untuk proyek pembangunan ini pihaknya tidak melakukan lelang, tetapi dengan sistem penunjukan langsung.

"Sampai saat ini belum ada pihak yang ditunjuk. Kita akan mencari pihak yang benar-benar tepat," katanya.

Meski sudah lewat jadwal penyelesaian, kata Sunarto, pembangunan lampu hias di Jembatan Ogan tetap akan dilakukan, karena masih ada waktu perpanjangan beberapa bulan lagi.

Ia berharap pembangunan lampu hias di kawasan Jembatan Ogan III itu dapat diselesaikan dalam tahun 2014.

Namun demikian, kata dia, kalaupun tidak selesai juga tidak akan kita batalkan, dan dananya yang pasti akan dikembalikan tidak akan diselewengkan.

Mengenai anggaran pembangunan lampu hias itu, menurut Sunarto, dianggarkan sebesar Rp112 juta melalui APBD OKU 2014.

Lampu hias yang akan dibangun menggunakan dana ratusan juta rupiah itu untuk satu unit saja, dan nantinya dibuat tulisan Baturaja.

"Jadi kita buat tulisan Baturaja dari bahan stelis dan masing-masing huruf dikelilingi dengan lampu warna-warni berbentuk lampu selang, lampu jenis LIDE. Kita juga masih memilih desain yang tepat. Ukuran untuk tulisan Baturaja itu seluruhnya sekitar empat meter kemungkinan jenis lampu dan desain berubah," ujarnya.