Sumsel jadikan parade mobil hias simbol pembangunan dan budaya daerah

id Mobil Hias,HUT ke-77,Sumsel,Sumsel jadikan parade mobil hias simbol pembangunan,simbol pembangunan dan budaya daerah

Sumsel jadikan parade mobil hias simbol pembangunan dan budaya daerah

Sebanyak 77 unit mobil hias melintas di Jalan Angkatan 45, Palembang dalam rangka memperingati hari ulang tahun Provinsi Sumatera Selatan ke-77 tahun, Minggu (21/5/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyatakan, parade mobil hias memperingati hari ulang tahun daerah setempat ke-77 (1946-2023) dijadikan sebagai simbol atas komitmen pemerintah melakukan pemerataan pembangunan jalan sekaligus mengenalkan keberagaman budaya.

Pernyataan tersebut disampaikan Herman Deru, seusai mengikuti parade mobil hias HUT ke-77 Sumsel di Istana Gubernur Griya Agung, Palembang, Minggu.

Untuk diketahui, secara keseluruhan ada sebanyak 77 unit mobil hias berparade sejauh 10 kilometer dari Jalan Demang Lebar Daun ke Jalan POM IX, pada Minggu sore.

Puluhan kendaraan tersebut dihias sedemikian rupa mulai dari menyerupai kendaraan alat berat, karung semen, jembatan, pakaian tradisional Melayu Sumatera Tanjak- Songket.

Desain ornamen pada kendaraan hias milik peserta perwakilan dari organisasi pemerintah daerah Provinsi Sumsel, perusahaan BUMN/BUMD seperti PT Semen Baturaja, Bank Sumsel Babel, perusahaan swasta dan pegiat kebudayaan itu di bawah bimbingan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel.

“Di dalam kegiatan ini ada kolaborasi yang hebat maka, saya berharap acara ini dapat menjadi wahana yang membangkitkan minat masyarakat dalam melestarikan budaya. Sekaligus simbol komitmen pemerataan pembangunan infrastruktur (jalan) oleh pemerintah yang mesti dijaga dan dirawat bersama-sama,” kata dia.

Dia menyatakan, perihal kemantapan kualitas infrastruktur jalan ini masuk dalam rencana prioritas Pemerintah Provinsi Sumsel sebagai komitmen mempercepat progres pembangunan sosial-ekonomi daerah.

Hal tersebut dibuktikan berdasarkan laporan Dinas PUPR Sumsel saat ini sudah lebih dari 90 persen kualitas jalan kategori provinsi dalam kondisi mantap.

Sementara,lanjutnya, untuk kategori jalan yang jadi tanggungjawab pemerintah pusat di Sumsel sudah mencapai 98 persen per triwulan pertama 2023 termasuk Jalan Demang Lebar Daun dan ruas lainnya di dalam kota Palembang.

“Ribuan triliun rupiah dana Bangubsus sudah dikucurkan beberapa tahun terakhir ini untuk jalan dan jembatan di 17 kabupaten/kota, jumlah itu tidak main-main. Maka disamping upaya pemerintah itu kami tentu pula mengimbau kepada masyarakat menyertainya dengan semangat pada usia ke-77 tahun ini,” katanya.