Bawaslu minta masyarakat cermati DPT

id bawaslu, bawaslu minta cermati dpt

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Pengawas Pemilu Sumatera Selatan meminta masyarakat untuk mencermati daftar pemilih tetap yang akan digunakan pada pemilu legislatif 2014.

"Masyarakat yang belum masuk daftar pemilih tetap bisa melapor sekarang kepada kami dan penyelenggara di tingkat bawah," kata Ketua Bawaslu Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya di Palembang, Senin.

Menurut dia, yang paling penting partai politik, karena daftar pemilih tetap (DPT) ini akan membagi berapa jumlah pemilih di masing-masing daerah pemilihan.

Korelasinya nanti jumlah bilangan pembagi pemilih, karena kalau daftar pemilih tetapnya besar dan pemilihnya besar, maka nilai kursinya besar dan kalau pemilihnya kecil maka jumlah kursinya kecil, katanya.

Ia mengatakan, partai politik sangat berkepentingan untuk mencermati daftar pemilih tetap ini, dan pihaknya menyarankan partai politik supaya mengerakkan seluruh infrastruktur partai sampai tingkat bawah untuk mencermati DPT itu.

"Jangan sampai kita ribut mata pemilih setelah proses pemungutan suara legislatif ini sudah semakin dekat," ujarnya.

Ia menyatakan, sekarang ini masih ada waktu 30 hari lagi untuk mencermati daftar pemilih tetap itu, sejak 13 September 2013.

"Secara nasional itu dilakukan dan kamipun mengevaluasi secara nasional untuk data pemilih tetap, dan kami untuk Sumsel," tuturnya.

Di pusat telah ada rapat bersama antara Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri, dimana hasilnya diberikan waktu 30 hari lagi untuk mencermati daftar pemilih tetap, katanya.

Sebagaimana diketahui KPU kabupaten dan kota di Sumsel telah menetapkan daftar pemilih tetapnya untuk pemilu legislatif 2014.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar