Bus Transmusi buka rute baru

id transmusi, bus transmusi, buka rute baru

Bus Transmusi buka rute baru

Bus transmusi. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bus Transmusi segera membuka dua rute baru dari sebelumnya hanya enam koridor untuk melayani masyarakat Kota Palembang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Masripin, Selasa mengatakan, rencananya awal April pihaknya akan mengoperasikan koridor bus Transmusi baru.

Dari Sako - Letkol Iskandar dan Terminal Karyajaya - Alang Alang Lebar melewati Jalan Soekarno Hatta, katanya.

Menurut dia, penambahan rute baru tersebut upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada warga kota pempek yang kini semakin banyak menggunakan bus transmusi.

Penambahan koridor itu diharapkan mampu memfasilitasi masyarakat pengguna kendaraan umum dengan pelayanan nyaman, aman dan terjangkau ongkosnya.

Ia mengatakan, selain meluncurkan rute baru, integrasi moda tranportasi darat dan sungai akan dioptimalkan.

Dimana waktu peluncuran bersamaan akan dioperasikan perdana angkutan sungai melayani warga yang menyeberangi Sungai Musi dengan dua rute yang disiapkan.

Dia menjelaskan untuk pengelolaan pengoperasian moda transportasi tersebut tentunya diserahkan kepada PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya.

Perusahaan milik pemkot itu telah berhasil mengelola bus transmusi secara optimal.

Sementara Direktur PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya, Bahder Johan mengatakan sebanyak 120 unit bus transmusi melayani delapan koridor di daerah itu.

Secara bertahap pihaknya menargetkan perluasan pelayanan jasa transportasi publik itu yang telah beroperasi sejak Februari 2010, katanya.

Dia menambahkan, saat ini pengguna bus transmusi semakin meningkat dengan rata-rata mencapai 20.000 penumpang per bulan.

Peningkatan penumpang itu tentunya harus didukung dengan pelayanan yang prima dan fasilitas yang berkualitas.

Bahder menambahkan, tarif angkutan massal tersebut sangat terjangkau Rp4.000 per penumpang.

Penumpang bisa menggunakan kartu elektrik untuk membayar ongkos bus berpendingin dan pramugara itu.