YLKI Jambi tuding PDAM abaikan layanan pemeliharaan

id ylki, pdam, layanan pemeliharaan


Jambi, (ANTARA News) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menuding PDAM Tirta Mayang Kota Jambi mengabaikan layanan pemeliharaan yang merugikan konsumen.
       
Ketua Yayasan lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jambi, Warasdi di Jambi, Selasa, mengatakan layanan pemeliharaan fasilitas yang diberikan PDAM juga hak konsumen untuk diberikan.
       
"Sebagian dana atau pembayaran yang dilakukan konsumen tiap bulan selain jumlah air yang terpakai, termasuk iuran pemeliharaan," namun hal tersebut diabaikan," katanya.
       
Ia menyebutkan, pihaknya banyak menerima pengaduan dan keluhan dari konsumen PDAM, seperti meteran yang rusak, pipa bocor dan lainnya yang merugikan konsumen.
       
Dalam ketentuannya, kendati peralatan tersebut milik produsen, namun dalam pemeliharaan dibebankan pada konsumen yang dibayarkan tiap bulan.
       
Ia mencontohkan, meteran yang tetap berputar kendati tidak mengeluarkan air, atau hanya angin, itu harus diganti diperbaiki dan diganti dengan yang baru.
       
Keluhan lain yang sering diterima YLKI yakni masih belum akuratnya pencatatan meteran, dan itu juga merugikan konsumen, karena jumlah pemakaian tidak seimbang dengan pembayaran.
       
Menurut dia, masih belum optimalnya pelayanan yang dilakukan PDAM Tirta Mayang tersebut, menyebabkan perusahaan milik daerah itu selalu disorot berbagai pihak, termasuk dewan perwakilan rakyat daerah.
       
YLKI akan terus memperjuangkan hak konsumen dalam menuntut haknya, termasuk layanan pemeliharaan yang belum diberikan.
       
"Kita minta pihak PDAM memberikan hak layanan pemeliharaan pada konsumen, seperti perbaikan dan penggantian meteran yang rusak, pipa bocor dan lainnya," kata Warasdi. (ANT-M037)