Tari "Sang Depati" meriahkan api unggun PPMN

id Tari, sang Depati, api unggun, PPMN

Koba (Antarasumsel.com) - Kesenian tari daerah "Sang Depati" dan " Talakuang Usang" memeriahkan malam api unggun pada puncak Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional III di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (19/5) malam.

Dua tari daerah itu memukau para tamu yang hadir dan para peserta PPMN lainnya.

Tari "Sang Depati" menceritakan kegigihan pejuang asal Pulau Bangka, Depati Amir dan Depati Hamzah, dalam mengusir penjajah, sedangkan "Talakuang Usang" tarian Sumatera Barat yang menceritakan negeri Minangkabau itu menjunjung tinggi falsafah "Adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah".

Dua tari daerah itu dipilih untuk mengisi acara puncak PPMN karena memiliki makna patriotisme dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Selain penampilan tari daerah, pada kesempatan itu juga ditayangkam film pendek karya peserta PPMN dari provinsi masing-masing.

Film pendek yang ditayangkan itu berhasil meraih juara dalam lomba pembuatan film pendek oleh peserta PPMN.

Pada Sabtu, semua peserta kegiatan sudah meninggalkan lokasi Bumi Perkemahan Selawang Segantang, di mana pada Jumat (19/5) merupakan puncak acara yang ditandai dengan upacara api unggun.

Terlihat para peserta dari berbagai daerah memanfaatkan malam api unggun itu sebagai malam keakraban untuk saling kenal satu sama lainnya, sebagai bentuk kebhinekaan dalan bingkai NKRI.