Dinas Perdagangan Sumsel maksimalkan produk unggulan

id Permana, Dinas Perdagangan, produk unggulan daerah, pasaran, luar negeri

Dinas Perdagangan Sumsel maksimalkan produk unggulan

Permana (Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Perdagangan Sumatera Selatan akan memaksimalkan produk unggulan daerah tersebut dengan harapan ekspor komoditas ke pasaran luar negeri dapat meningkat.

Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Permana di Palembang, Sabtu mengatakan, pihaknya memiliki produk unggulan untuk diekspor sehingga mutunya harus dapat ditingkatkan.

Produk unggulan Sumsel antara lain karet, kelapa sawit, minyak dan batu bara sehingga perlu dikembangkan lagi, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, produk unggulan tersebut harus lebih baik supaya minat pembeli semakin mengkat.

Apalagi produk yang dikirim keluar negeri tersebut dapat meningkatkan pendapatan daerah, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan Dinas Perdagangan Kabupaten dan Kota untuk mendata produk unggulan tersebut.

Selain itu rapat koordinasi juga untuk mempelancar distribusi keseluruh daerah termasuk pengiriman keluar negeri, ujar dia.

Dia mengatakan, selama ini pendataan produk unggulan belum begitu baik sehingga pihaknya masih kesulitan mengetahui produksi setiap daerah.

Bukan itu saja tetapi kebutuhan setiap daerah tidak terdata dengan baik sehingga mulai 2017 manajemen dibenahi, tambah dia.