KPU usulkan anggaran pilkada Sumsel Rp441 miliar

id kpu, anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala, Rp441 miliar dalam dua tahun, Aspahani

KPU usulkan anggaran pilkada Sumsel Rp441 miliar

Komisi Pemilihan Umum (Antarasumsel.com/Grafis/Ist/Ang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan telah mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah provinsi setempat sebesar Rp441 miliar dalam dua tahun anggaran.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Aspahani menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai berapa anggaran yang diusulkan dalam APBD Sumsel tahun 2017 di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pihaknya mengajukan anggaran itu terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah Pilkada Sumsel pada tahun 2018.

Jadi, KPU Sumsel telah melakukan penghitungan sebesar Rp441 miliar dengan catatan itu diterima dalam dua tahun anggaran, katanya.

Ia mengatakan, pada tahun 2017 sebesar Rp80 miliar, sedangkan sisanya sekitar Rp360 miliar pada tahun 2018.

Pada tahun 2018 itu full pelaksanaannya dari Januari sampai Juni, sementara untuk tahun 2017 hanya dua bulan yaitu November dan Desember baru pembentukan PPK dan PPS, ujarnya.

Ia menyatakan, penggunaan anggaran sebesar Rp80 miliar itu bisa membiayai kegiatan pada tahun 2017 saja.

Sementara mengenai anggaran pilkada Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, ia menuturkan, anggarannya sekitar Rp54 miliar.

Perkembangan terakhir mudah-mudahan dapat dipenuhi dengan dua tahun anggaran pada 2016 dalam pelaksanaannya dan 2017, terkait dengan pelaksanaan pembayaran honor-honor, ujarnya.

Pada tahun 2017 di Sumatera Selatan hanya ada satu daerah yang melaksanakan pilkada, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin. Selanjutnya tahun 2018 ada sembilan kabupaten/kota dan pilkada gubernur.