Harga daging di Sumsel termasuk yang termahal

id harga daging, daging, pedagang, pasar, dprd sumsel, budiarto marsul

Harga daging di Sumsel termasuk yang termahal

Pedagang daging (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga daging sapi di Provinsi Sumatera Selatan mencapai Rp120 ribu per kilogram termasuk yang termahal bila dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia, kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel, Budiarto Marsul.

Harga daging sapi itu persoalan nasional bukan Sumatera Selatan saja atau daerah-daerah lain, karena daging ini mungkin termahal di dunia, kata Budiarto Marsul di Palembang, Jumat.

"Walaupun kita beternak, kenyataannya kalah dengan Malaysia, Singapura apalagi negara-negara eropa harga daging itu jauh dibawah kita. Sumsel termasuk yang termahal juga di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, memang masyarakat sering tidak peduli dengan kondisi seperti itu, konsumen tetap membelinya juga walaupun harga dagingnya mahal.

"Saya kira pemerintah bijak dalam hal ini, terus mengupayakan bagaimana harga daging supaya bisa turun," ujarnya.

Ia menyatakan, di tingkat nasional mengharapkan pemerintah pusat berupaya untuk menurunkan harga daging itu, karena tidak akan tuntas kalau hanya Sumsel saja.

Pemerintah pusat agar lebih tegas bagaimana menurunkan harga daging, karena sudah beberapa tahun kejadiannya seperti inilah.

Presiden sudah minta harga daging diturunkan, tapi sampai sekarang belum turun, oleh karena itu pemerintah supaya tegas.

Harga daging di Sumsel sekitar Rp120 ribu sampai Rp135 ribu per kilogram.

"Kita pesimistis untuk bisa tercapai harga daging di bawah Rp80 ribu per kilogram, sekarang saja harganya sudah Rp120 ribu lebih," katanya.