KPU: partisipasi pemilih bisa capai 70 persen

id kpu, kpu sumsel

KPU: partisipasi pemilih bisa capai 70 persen

KPU Sumsel Ahmad Naafi (Foto Antarasumsel.com/15/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan menyatakan angka partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah serentak di tujuh kabupaten di provinsi itu masih bisa mencapai 70 persen.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Ahmad Naafi menyampaikan hal itu di Palembang, Jumat, terkit angka partisipasi pemilih.

Menurut dia, walaupun di beberapa daerah mengalami penurunan.

Ia mengatakan, hasil rata-rata dari scan C1 yang masuk sudah mendapatkan gambaran bahwa partisipasi pemilih rata -rata di tujuh kabupaten dalam provinsi Sumatera Selatan telah mencapai 69,84 persen.

Begitu pula dengan tingkat kecerdasan masyarakat di tujuh kabupaten di Sumsel yang semakin tinggi dengan suara yang sah mencapai 94 persen dibanding surat suara yang rusak, ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan terus memonitor tahapan pilkada di tujuh kabupaten di provinsi tersebut.

Ia yakin tahapan berjalan sesuai PKPU 2/2015 dan KPU akan bertindak tegas apabila ada pihak-pihak yang menganggu tahapan yang sedang berlangsung.

Sementara mengenai aktifitas scaning form C1 yang masih berlangsung, Ahmad Naafi menegaskan bahwa hasil resmi akan diplenokan KPU Kabupaten mulai 16 Desember mendatang.

Scaning yang dilakukan merupakan bentuk transparansi KPU terhadap pemilih dan masyarakat bisa langsung mengaksesnya dengan lebih dahulu di Pilkada 2015.kpu.go.id.

Untuk proses scanning di tujuh kabupaten akan segera rampung dan sudah dilaporkan ke KPU RI setiap hari dan masyarakat bisa mengaksesnya, katanya.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015 yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.