Konsumen sumbagsel nikmati pertalite

id pertamina, Pertamina memperluas uji pasar pertalite

Konsumen sumbagsel nikmati pertalite

Petugas SPBU mengisikan BBM Pertalite ke kendaraan roda dua pada hari pertama peluncuran Pertalite di SPBU Coco Kenten Palembang, Sumsel. Selasa (6/10). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Konsumen di Sumatera bagian Selatan mulai 6 Oktober bisa menikmati pertalite seiring dengan uji perluasan pasar yang dilakukan PT Pertamina (Persero).

Retail Fuel Marketing Manager Region Sumbagsel, Agus Taufik Harahap di Palembang, Selasa mengatakan, Pertamina memperluas uji pasar pertalite serentak di lima provinsi di wilayah Sumbagsel.

Lima provinsi itu yakni Sumsel enam SPBU, Lampung tiga SPBU, Jambi sembilan SPBU, Bengkulu empat SPBU dan Bangka Belitung tujuh SPBU.

Uji pasar ditandai dengan pengisian perdana pertalite di SPBU Golf Kenten Palembang, pada saat yang sama di SPBU Antasari, Bandar Lampung, SPBU Patimura Jambi, SPBU Muntok Pangkal Pinang dan SPBU Kalimantan Rawa Makmur Bengkulu.

"Sampai akhir tahun ini, MOR II mencakup wilayah Sumbagsel menargetkan 167 SPBU menjual pertalite," katanya.

Ia menyatakan, secara nasional Pertamina menargetkan pertalite dijual di 1.500 SPBU di seluruh Indonesia sampai dengan akhir 2015 ini.

"Dengan kehadiran pertalite di Sumbagsel maka hingga hari ini bahan bakar dengan RON 90 itu sudah terseda di 968 SPBU," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahan bakar itu dijual dengan harga Rp8.500 per liter untuk Sumsel, Jambi dan Lampung, sedangkan Babel dan Bengkulu Rp8.300 per liter.

Pertalite merupakan produk bahan bakar minyak yang memiliki angka research octane number (RON) 90, cocok untuk spesifikasi kendaraan bermotor yang banyak beredar saat ini.

Hasilnya bagi kendaraan adalah tarikan yang lebih kuat, kecepatan lebih tinggi serta emisi gas buang yang lebih bersih. Pertalite diharapkan menjadi alternatif bahan bakar yang lebih baik dari premium bagi konsumen.

Selain keunggulan dari sisi angka oktan, pertalite juga memiliki zat aditif yang bersifat detergency (pembersih), katanya.