Dekranasda akan promosikan songket khas daerah

id songket, promosi songket

Dekranasda akan promosikan songket khas daerah

Hasil songket Palembang (FOTO ANTARA/Feny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumatera Selatan akan mempromosikan kain songket khas daerah pada akhir Juli 2015, supaya keberadaannya semakin dikenal seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel, Hj Eliza Alex di Palembang, Kamis mengatakan, memang dalam waktu dekat ini pihaknya akan mempromosikan sekaligus peluncuran kain songket sebagai warisan khas daerah.

Jadi kegiatan tersebut untuk memperluas pasar songket di masyarakat yang berada di penjuru tanah air, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang menggunakan kain songket ada kebanggaan tersendiri selain punya kekhasan juga harga dan kualitasnya lebih tinggi.

Hal itu wajar karena bahan pembuat songket harganya juga mahal ditambah lagi dengan pembuatan secara tradisional, kata dia.

Namun, pihaknya akan berupaya nantinya kain songket bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat, sehingga pakaian khas tersebut semakin lestari.

Sekarang ini pihaknya berupaya agar kain songket harganya lebih murah dengan tidak meninggalkan kekhasan tenun tersebut, ujar istri Gubernur Sumsel, Alex Noerdin itu.

Mengenai pemecahan Rekor Muri dalam peluncuran nanti, dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan perancang tenun dan pengrajin songket.

Memang, lanjut dia, nantinya akan ditampilkan puluhan motif songket dalam satu pakaian yang berbeda dengan pakaian lainnya.

Yang jelas kesan anggunnya tetap lebih ditonjolkan dan seluruh pengrajin kabupaten/kota akan turut berpartisipasi dalam peluncuran songket nanti, tambah dia.