Disbudpar Sumsel promosi bareng untuk tingkatkan kunjungan wisatawan

id Disbudpar Sumsel, promosi bersama, promosi, tingkatkan, kunjungan wisatawan

Disbudpar Sumsel promosi bareng untuk tingkatkan kunjungan wisatawan

Objek wisata air di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan terus menggalakkan kegiatan promosi bersama Dinas Pariwisata 17 kabupaten dan kota di provinsi setempat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

"Kegiatan promosi bersama yang telah berjalan dengan baik pada 2023 ini perlu dilanjutkan sehingga jumlah wisatawan yang tertarik berkunjung ke wilayah Sumsel pada tahun-tahun berikutnya lebih banyak lagi," kata Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal di Palembang, Kamis.

Pada tahun ini, pihaknya menggalakkan promosi potensi wisata daerah untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya ke provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Untuk membangkitkan industri pariwisata di Sumsel yang sempat terpuruk sejak Maret 2020 sebagai dampak pandemi COVID-19, kami berupaya menggalakkan promosi melalui berbagai cara," ujarnya.

Pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu berupaya meningkatkan kegiatan promosi pariwisata unggulan daerah sehingga dapat menarik wisatawan nusantara dan mancanegara sebanyak-banyaknya ke daerah ini.

"Masing-masing daerah di 17 kabupaten/kota di wilayah Sumsel memiliki keunggulan pariwisata, potensi tersebut perlu gencar dipromosikan agar bisa menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk mengunjunginya," katanya.

Menurut dia, keindahan alam, keunikan budaya dan makanan khas daerah perlu terus dipromosikan sehingga bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi dan menikmatinya.

Di Kota Palembang terdapat potensi wisata air Sungai Musi dengan sejumlah bangunan bersejarah di sekitarnya, seperti Benteng Kuto Besak (BKB) dan Jembatan Ampera menjadi objek atau destinasi wisata yang paling diminati wisatawan.

Kota Pagaralam dengan keindahan alam pegunungan, Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan peninggalan prasejarah, Kota Lubuklinggau memiliki objek wisata air terjun, serta keunggulan pariwisata, seni, dan budaya daerah lainnya yang jika dipromosikan terus-menerus akan menarik minat orang untuk berkunjung.

Ia mengatakan kegiatan promosi potensi wisata tersebut harus mulai gencar dilakukan pada awal tahun sehingga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri yang merencanakan perjalanan wisata memasukkan wilayah Sumsel menjadi salah satu daerah yang dilirik untuk dikunjungi.