Sumsel bangun jalur sungai angkutan batu bara

id sumsel bangun jalur sungai, angkutan batu bara, jalur sungai, pemerintah provinsi sumsel, pemprov sumatera selatan, sumsel, sumatera selatan, gubernur

Sumsel bangun jalur sungai angkutan batu bara

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel)- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membangun jalur sungai untuk angkutan batu bara selain jalan khusus yang saat ini sedang diselesaikan.

"Pemprov Sumsel telah mengadakan pertemuan dengan PT Pelindo II membahas masalah jalur sungai tersebut. Mudah-mudahan segera terealisasi," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Rabu.

Pihaknya merencanakan akan membangun jalur sepanjang sungai hingga pelabuhan Tanjung Api-Api, berlokasi di Kabupaten Banyuasin.

Memang, lanjut dia, ketinggian air diberbagai lokasi berbeda-beda, oleh karena itu perlu membangun secara khusus terutama dalam mengatur ketinggian air yang akan dilalui nanti.

Jadi dengan ketinggian yang merata maka nantinya dapat dilalui kapal bermuatan batu bara untuk mengangkut hasil tambang tersebut, selain itu disepanjang sungai yang akan dilalui nanti juga akan dibangun terminal batu bara.

Pembangunan jalur sungai tersebut akan dilaksanakan secepat mungkin karena hasil tambang di daerah ini cukup banyak. Dengan adanya jalur sungai maka produksi batu bara yang ada sekarang ini dapat diangkut dengan maksimal.

Selain jalur sungai, kata Alex kini sedang diselesaikan jalur darat khusus kendaraan batu bara, guna mendukung angkutan batu bara menggunakan kereta api menuju Lampung yang sudah beroperasi selama ini.