PDIP jaring calon bupati di DPD Sumsel

id dprd, dprd sumsel

PDIP jaring calon bupati di DPD Sumsel

Yudha Rinaldi (Foto Antarasumsel.com/Susilawati)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PDI Perjuangan akan melakukan penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati di tingkat Dewan Pimpinan Daerah Sumatera Selatan, setelah selesai pendaftaran di tingkat DPC partai tersebut.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan, Yudha Rinaldi di Palembang, Rabu menyampaikan hal itu sehubungan akan berakhirnya pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tingkat DPC.

Menurut dia, pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati di tingkat DPC PDI Perjuangan di tujuh kabupaten yang menggelar pemilihan kepala daerah akan berakhir pada 25 April 2015.

"Jadi, semua berkas bakal calon bupati/wakil bupati di tingkat DPC itu nantinya disampaikan ke DPD PDI Perjuangan Sumsel," katanya.

Ia mengatakan, setelah 25 April nanti untuk pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati akan dilanjutkan di tingkat DPD PDI Perjuangan Sumsel untuk memberikan kesempatan bagi calon yang belum mendaftar di DPC.

"Kita akan menjaring bakal calon bupati/wakil bupati sebanyak-banyaknya sehingga bisa mendapatkan calon berkualitas yang diinginkan masyarakat," ujar mantan anggota DPRD Sumsel tersebut.

Ia menuturkan, untuk pendaftaran di tingkat DPD PDI Perjuangan Sumsel itu dilakukan sampai dengan pertengahan Mei 2015, karena menyesuaikan dengan jadwal tahapan di Komisi Pemilihan Umum.

Nanti, semua berkas yang masuk dari DPC dan DPD PDI Perjuangan Sumsel akan diseleksi untuk selanjutnya dilakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap bakal calon bupati/wakil bupati tersebut.

Selanjutnya nama-nama bakal calon bupati/wakil bupati yang layak disampaikan ke DPP PDI Perjuangan untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan kembali.

Dari hasil itu nantinya baru ditentukan siapa calon akan diusung PDI Perjuangan pada pilkada di tujuh kabupaten di Sumsel yang menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, katanya.

Di Sumsel sendiri ada tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Musirawas Utara (Muratara).