Penjaringan atlet betul-betul anak berbakat

id atlet anak

Penjaringan atlet betul-betul anak berbakat

Ilustrasi (Foto antarasumsel.com/Nila)

Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Penjaringan atlet ditingkat sekolah dasar hingga menengah atas, betul-betul anak berbakat dibidang olah raga yang dicintainya, bukan dipaksakan melalui cara kekeluargaan.

Pola menjaringan melalui minat dan bakat akan lebih cepat menelorkan seorang atlet yang baik, tapi bila dipilih berdasarkan keturunan dan kekeluaragaan hasilnya akan mengecewakan, kata Bupati Musirawas H Ridwan Mukti, Minggu.

"Saya melihat penjaringan melalui pekan olah raga Kabupaten Musirawas pekan lalu, sudah mulai baik karena pemenangnya berasal dari anak berlatar belakang yang berbeda," ujarnya.

Kalau sebelumnya atlet terpilih menjadi juara rata-rata anak pelatih atau dari kalangan anak oknum pejabat birokrasi, sedangkan anak yang punya bakat tidak bisa mengembangkan minatnya menjadi seorang atlet terbaik karena dikalahkan pada pertarungan melalui pekan olah raga.

Ia mengatakan pekan olah raga merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pemudan dan Olah raga untuk menjaring atlet tingkat pelajar.

Selain itu bertujuan untuk mempererat silahturahmi antara siswa sekolah satu dengan yang lainnya, sehingga tercipta rasa persahabatan yang lebih erat, ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Musirawas David Pulung mengatakan para atlet yang mendapat juara pada pekan olah raga tingkat kabupaten itu sebagian besar anak dari pedesaan.

Fisik mereka lebih tangguh saat berlaga diberbagai tangkai olah raga, sehingga dapat mengalahkan atlet yang sempat menjadi juara tahun sebelumnya.

Ia mengharapakan bagi atlet dari masing-masing sekolah yang belum mendapatkan kesempatan menjadi juara dalam acara tersebut agar terus berlatih untuk menggapai tujuan seorang juara.

Anak masa sekolah usianya masih muda belia, sehingga masih banyak waktu untuk berlatih dengan serius dan menekuni bakat yang dimilikinya.

"Kami berharap kepada guru dan instruktur sebagai pembimbing terus melakukan pembinaan kepada peserta anak didik sehingga tidak hanya menjadi terbaik ditingkat kabupaten saja, tapi sasarannya menjadi terbaik untuk tingkat Provinsi dan Nasional.

Dengan pelaksaan Porkab 2015 akan tercipta generasi muda yang cerdas dan mapan untuk menuju Musirawas Darussalam.

Melalui atlet yang berprestasi itu, maka dapat meningkat harkat dan martabat Musirwas ditingkat lebih tinggi dibidang olah raga, tambahnya.