BPBD siapkan bantuan bencana alam

id bpbd, yulizar dinoto

BPBD siapkan bantuan bencana alam

Ketua BPBD Sumsel Yulizar Dinoto (FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menyiapkan cadangan bantuan bencana alam bila terjadi-hal tidak diinginkan di daerah ini.

Persediaan bahan pangan dan peralatan ada di gudang dan bila terjadi bencana akan disalurkan, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto di Palembang, Senin.

Memang, persediaan untuk bantuan bencana ada di Badan Penanggulangan Bencana Nasional serta pemerintah setempat, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, persediaan bantuan yang harus selalu siap itu untuk mengantisipasi bila ada bencana alam seperti korban banjir, tanah longsor dan kebakaran.

Oleh karena itu pemerintah dan badan penanggulangan bencana-menyiapkan kebutuhan bahan pangan termasuk peralatan untuk menanggulangi bila terjadi musibah.

Beberapa waktu lalu pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada korban yang terkena banjir di Kabupaten Musirawas, Sumsel termasuk daerah lainnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya mengingatkan kembali agar masyarakat selalu waspada, karena hujan sekarang ini  rawan banjir.

Apalagi daerah dataran renda banjir bisa saja terjadi bila hujan deras dan lama.

Begitu juga dataran tinggi bisa mengakibatkan longsor sehingga masyarakat harus selalu waspada, kata dia.