Pemerintah janjikan pasar batu akik di Jakabaring

id batu akik, pedagang batu akik

Pemerintah janjikan pasar batu akik di Jakabaring

Pasar Batu Akik di kawasan Cinde, Palembang. (Antarasumsel.com/15/Feny Selly)

...Minat terhadap batu akik saat ini tinggi sekali, sementara pedagang hanya memanfaatkan pinggiran jalan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjanjikan berdirinya pasar batu akik di Jakabaring untuk merespon tingginya minat masyarakat pada bisnis ini.
    
Plt Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan pasar batu akik ini menjadi bagian dari "pasar hobi" yakni pasar yang juga menjual burung dan pernak-pernik.
    
"Minat terhadap batu akik saat ini tinggi sekali, sementara pedagang hanya memanfaatkan pinggiran jalan di Jalan Jenderal Sudirman. Pemerintah kota mengamati sudah sepantasnya ada pasarnya sendiri," katanya.

Ia mengemukakan, pemerintah kota telah membidik kawasan Taman Pelangi Jakabaring sebagai tempat yang cocok untuk pasar batu akik ini. Desain pasar tersebut juga telah dimiliki pemerintah kota.
    
"Saat ini sedang membangun koordinasi dengan pemerintah provinsi, dan pada prinsipnya memberikan dukungan," ujar dia.
    
Bisnis batu akik demikian menggeliat di Palembang dalam beberapa bulan terakhir. Puluhan pedagang dan ratusan pembeli memadati kawasan Cinde pada setiap hari untuk bertransaksi jual beli.
    
Menurut Harnojoyo, membludaknya pengunjung pasar tersebut telah menggangu kondisi lalu lintas di kawasan tersebut.
    
Untuk mengatasinya, pemerintah kota berencana menyewa gedung Bioskop Cineplex Cinde yang sudah tidak terpakai sembari menunggu berdirinya pasar batu akik di Jakabaring.
    
"Daripada gedung bioskop tidak terpakai lebih baik dijadikan tempat berjualan batu akik, tidak masalah pemerintah kota menyewa tempatnya," kata Harnojoyo.