Pemkot siapkan lima lokasi percontohan pengolahan sampah

id sampah, pengolahan sampah, tpa, pemkot palembang, dinas kebersihan

Pemkot siapkan lima lokasi percontohan pengolahan sampah

Ilustrasi - Aktivitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinata Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang sedang menyiapkan lima lokasi proyek percontohan program pengolahan sampah dengan model 3R (reuse, reduce dan recycle).

"Pengolahan sampah dengan sistem 3R tersebut akan segera direalisasikan pada lima lokasi yang akan menjadi percontohan," kata Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang Agung Noegroho, Selasa.

Ia menyatakan pihaknya telah mengikuti  pelatihan yang diselenggarakan lembaga Jepang JICA di Kota Kitakyushu selama dua minggu.

Pelatihan tersebut mengajarkan sistem terpadu terkait pelaksanaan pengolahan sampah dengan cara menggunakan kembali, mengurangi dan mendaur ulang atau 3R, tambahnya.        

Ia mengatakan, implementasi sistem pengolahan sampah tersebut tentu akan segera direalisasikan.

Dengan program yang direncanakan secara berkelanjutan dimana tahap awal akan dilaksanakan pada lima lokasi, katanya.

Ia menjelaskan, untuk lima lokasi yang menjadi sasaran tentunya akan segera dilakukan koordinasi dengan asisten bidang ekonomi dan pembangunan, Bappeda serta Badan Lingkungan Hidup Kota Palembang.

Sebagai delegasi Indonesia, di Kitakyushu pihaknya telah memiliki peran dan tugas fungsi masing-masing untuk melaksanakan sistem 3R, ujarnya.

Agung menambahkan, di Kota Palembang ada 16 kecamatan dan 107 kelurahan dengan karakteristik yang tidak sama.

Oleh karena itu, penentuan lima lokasi akan mempertimbangkan sejumlah kriteria termasuk 3R diimplementasikan pada kompleks perumahan sebagai percontohan, tambahnya.