BPBD jelaskan pemadaman titik api bantuan pusat

id yulizar dinoto, kebakaran lahan gambut

BPBD jelaskan pemadaman titik api bantuan pusat

Yulizar Dinoto(FOTO Antarasumsel.com/Feny Sely)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjelaskan bahwa pemadaman titik api yang dilaksanakan selama ini adalah bantuan pemerintah pusat.

Pihaknya hanya melaksanakan tugas dalam penanggulangan pemadaman titik api akibat kebakaran hutan dan lahan tersebut, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel Yulizar Dinoto kepada wartawan di Palembang, Selasa.

Lebih lanjut dia mengatakan, pesawat teknologi cuaca, heli dan peralatan lainnya semuanya didatangkan dari pemerintah pusat.

Daerah hanya penyelenggaarakan termasuk opersi darat yang mengikut sertakan TNI dan Polri sesuai aturan, kata dia.

Jadi mengenai dana pihaknya tidak mengetahui karena semuanya dari pusat, dia menjelaskan.

Memang, pihaknya juga telah menjelaskan kepada berbagai instansi terkait termasuk lembaga swadaya masayarakat dalam pelaksanaan operasi pemadaman titik api tersebut.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Gubernur H Alex Noerdin, Minggu (2/11) pihaknya juga telah menjelaskan mengenai operasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan di daerah itu.

Kesemuanya itu dilakukan supaya semuanya jelas apalagi pemadaman titik api memerlukan bantuan bersama.

Pemadaman titik api memang diperpanjang hingga 15 November 2014 sehingga sekarang terus dilaksanakan operasi terutama udara.

Khusus operasi udara melalui bom air dipimpin langsung Danlanud Palembang dan posko sekarang ini berada di landasan udara milik TNI AU tersebut.

Pemadaman titik api tersebut memang mengalami kesulitan karena daerah ini banyak lahan gambut yang juga ada terbakar.