Warga OKUT ditipu Biro Perjalanan Haji Baturaja

id biro haji, biro perjalanan haji

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Guntari (45) warga Belitang, Ogan Komering Ulu Timur mendatangi kantor biro Haji dan Umroh PT cahaya Ka`bah di Baturaja, Kabupaten OKU, Selasa, karena merasa ditipu oleh pihak jasa biro haji tersebut.

"Saya merasa ditipu pihak PT Cahaya Ka`bah yang hingga saat ini belum memberangkatkannya bersama keluarga ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh, padahal sudah membayar lunas uang biaya perjalanan umroh sejak Maret 2014," kata Guntari di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, ia sudah melunasi sumua biaya umroh untuk tiga orang masing-masing sebesar Rp23.500.000, namun sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda akan diberangkatkan.

Dikatakannya, ia bersama istri dan ibunya dan masih ada empat keluarga lain yang mengalami nasib sama.

"Pihak biro jasa perjalanan haji itu menjanjikan paling lama 2 bulan pasca nyetor akan diberangkatkan, namun hingga saat ini kami belum juga menuju tanah suci. Kami merasa ditipu bahkan diminta menunggu tanpa kejelasan," katanya.

Untuk itu, ia mendatangi pihak PT Cahaya Ka`bah agar mengemblikan uang yang sudah disetor, karena sudah menunggu tujuh bulan tidak ada kejelasan.

"Kami minta kembalikan uang yang sudah disetor, karena tidak tahan lagi menunggu," kata Guntari.

Menurut dia, sebenarnya keinginan agar uangnya dikembalikan sudah disampaikan kepada pihak PT Cahaya Ka`bah sekitar 1,5 bulan lalu dan pihak perusahaan menyetujui hal tersebut.

"Namun hingga saat ini uang itu tidak juga dikembalikan, bahkan pimpinan perusahaan bernama Rian tidak bisa ditemui, ditelepon juga tidak menjawab. Kami beri waktu satu minggu lagi kalau tidak dikembalikan dalam waktu tersebut akan menempuh jalur hukum," katanya.

Pimpinan perusahaan, Riyan, katanya saat dihubungi nomor teleponnya tidak aktif. Begitu juga saat didatangi ke rumah pribadinya di Desa Air Paoh, dan rumah orang tuanya di Jalan Kepuran, Baturaja Timur, Riyan juga tidak ada.

Sementara saat wartawan hendak mengkonfirmasi hal ini kepada pihak PT Cahaya Ka`bah hanya ada beberapa karyawan. Direktur atau bosnya tidak ada di tempat.

"Bos tidak ada di tempat, Kami di sini cuma karyawan," kata seorang karyawan PT Cahaya Ka`bah, Farhan.