Anyaman bambu di Tiongkok Expo diminati

id permana, anyaman bambu

Anyaman bambu di Tiongkok Expo diminati

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana ((Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Hasil industri kecil berbagai jenis anyaman bambu yang dipamerkan pada "Tiongkok Expo" di Kota Nanning beberapa waktu lalu banyak diminati masyarakat setempat.

Ini terbukti pengunjung yang menyaksikan pameran tingkat ASEAN tersebut ingin membeli anyaman bambu yang dipajang tersebut, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Permana kepada wartawan di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, hampir setiap pengunjung dari 11 negara ASEAN ingin membeli anyaman bambu yang dibuat usaha kecil dan menengah kabupaten dan kota di Sumsel yang ikut dalam pameran tersebut.

Jadi anyaman bambu yang dibuat antara lain berupa tikar, lehab dan keranjang ternyata diminati masyarakat terutama dari Tiongkok, kata dia.

Sehubungan itu anyaman bambu menjadi peluang ekspor bagi usaha kecil dan menengah yang ada di daerah ini, ujar dia.

Menurut dia, dengan banyaknya minat masyarakat luar negeri tersebut pihaknya terus berupaya mengembangkan anyaman tersebut.

Bahkan, pihaknya akan meningkatkan kualitas anyaman tersebut agar semakin bermutu.

Itu penting supaya anyaman bambu tersebut semakin diminati sekaligus dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Menurut dia, memang sumsel mewakili Indonesia mengikuti pameran di Tiongkok tersebut dan pihaknya memamerkan produk unggulan daerah.

Selain produk unggulan daerah pihaknya juga menampilkan market area pelabuhan laut Tanjung Api Api sebagai kawasan ekonomi khusus.

Bukan itu saja tetapi Indonesia yang diwakili Sumsel tampil juara dalam pameran tersebut dan ini merupakan kebanggaan tersendiri, katanya.