Bupati Ogan Komering Ulu bagikan daging kurban gunakan anyaman bambu

id Bupati Ogan Komering Ulu bagikan daging kurban gunakan anyaman bambu

Bupati Ogan Komering Ulu  bagikan daging kurban gunakan anyaman bambu

Teks Foto : Bupati Ogan Komering Ulu, Kuryana Azis mengimbau kepada panitia pembagian daging hewan kurban untuk menggunakan wadah dari anyaman bambu guna mengurangi penggunaan kantong plastik. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis membagikan daging kurban kepada petugas kebersihan di wilayah setempat menggunakan wadah yang terbuat dari anyaman bambu guna mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Penggunaan wadah dari anyaman bambu ini untuk mengurangi sampah plastik," katanya di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, tahun ini Pemkab OKU telah penyampaikan imbauan kepada semua pihak agar dalam pembagian daging hewan kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan seperti bakul yang terbuat dari anyaman bambu.

"Saya sudah sampaikan kepada panitia kurban agar menggunakan wadah dari anyaman bambu, anyaman daun dan wadah lainnya yang ramah lingkungan, hal ini sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik," kata dia.

Menurut dia, limbah plastik merupakan sampah yang sulit terurai bahkan ada yang tidak bisa hancur dalam kurun waktu yang sangat lama meskipun terpendam di dalam tanah.

"Itulah bahayanya sampah plastik, jika dibuang ke sungai atau ke laut, dapat menyebabkan kematian ikan dan habitat air lainnya," katanya.

Pengurangan sampah plastik tersebut bukan baru kali ini saja dilaksanakan saat pembagian daging hewan kurban pada, nNamun dalam berbagai kesempatan dan kegiatan Pemkab Ogan Komering Ulu.

"Penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan terus kita sampaikan dan kita lakukan guna mengurangi sampah plastik di Kabupaten Ogan Komering Ului," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu menambahkan pada Idul Adha 1440 Hijriah tahun ini pihkanya melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi dan empat ekor kambing.

"Hewan kurban ini bantuan dari berbagai pihak seperti dari bupati, BSM dan internal Dinas Lingkungan Hidup serta beberapa teman yang menyalurkan kurbanya lewat DLH,” katanya.

Dia menuturkan, daging-daging hewan qurban tersebut dibagikan kepada petugas kebersihan yang selama ini bertugas membersihkan jalan-jalan di Kota Baturaja.

“Alhamdulillah dengan bantuan hewan qurban ini kita bisa berbagi dengan petugas penyapu jalan yang jumlahnya mencapai 256 orang," ujar dia.
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar