BRI dan OJK gelar edukasi literasi keuangan

id bri, ojk, gelar edukasi literasi jasa keuangan, literasi, edukasi, jasa keuangan, keuangan

BRI dan OJK gelar edukasi literasi keuangan

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

...Ekspo ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang wewenang dan fungsi OJK serta lembaga jasa keuangan lain kepada masyarakat umum...
Makassar (ANTARA Sumsel) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Ekspo dan Edukasi Literasi Keuangan di Makassar, Minggu.
        
"Ekspo ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang wewenang dan fungsi OJK serta lembaga jasa keuangan lain kepada masyarakat umum," kata Wakil Presiden Pusat Pendidikan dan Pelatihan BRI Gunawan Sulistyo saat membuka acara tersebut di Makassar, Sabtu.
        
Menurut Gunawan, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 400 peserta yang terdiri atas ibu rumah tangga, anak-anak, mahasiswa dan perwakilan dari usaha kecil binaan BRI.
        
"Ada tiga rangkaian kegiatan yang kami lakukan, diantaranya memberikan pemahaman mengenai bagaimana mengelola keuangan yang baik bagi rumah tangga dan usaha, meningkatkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa dan lomba mewarnai bagi anak-anak untuk memberikan pemahaman visual sejak dini mengenai lembaga jasa keuangan," urainya.
        
Kepala Kantor Regional VI OJK Adnan Juanda mengatakan salah satu tugas OJK adalah memberikan edukasi dan perlindungan bagi konsumen.
       
"Kami percaya sektor jasa dan keuangan dapat tumbuh secara stabil dan berkesinambungan jika edukasi dan perlindungan kepada masyarakat berjalan dengan baik," kata Adnan.
        
Adnan menjelaskan saat ini tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lain.
       
"Tingkat literasi keuangan kita hanya 21.8 persen bandingkan dengan Singapura yang tingkat literasinya mencapai lebih dari 98 persen," ujarnya.
        
Adnan berharap dengan meningkatnya literasi keuangan, masyarakat Indonesia akan dapat memanfaatkan berbagai jasa keuangan dengan baik.
        
"Pada akhirnya ini akan berkontribusi terhadap kesejahtraan masyarakat," pungkasnya.