Gubernur paparkan pembangunan fasilitas olahraga di Jakabaring

id alex, alex nordin gubernur sumsel

Gubernur paparkan pembangunan fasilitas olahraga di Jakabaring

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antara) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memaparkan rencana pembangunan fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya di kawasan Jakabaring yang akan bekerja sama dengan pihak ketiga.

Gubernur memaparkan rencana pembangunan arena pertandingan dan fasilitas lainnya di kawasan Jakabaring itu di hadapan anggota DPRD Sumatera Selatan di Palembang, Kamis.

Menurut Alex, rencana pembangunan arena pertandingan (venues) dan fasilitas lainnya itu yakni stasiun monorel dan convention hall.

"Palembang tinggal convention hall yang tidak kita miliki. kalau sudah kita miliki, lengkap sudah Palembang untuk bersaing dengan kota manapun," katanya.

Ia mengatakan, selain itu dalam kawasan Jakabaring akan dibangun trans studio dan hotel terpadu dengan bowling dan basket ball, karena masuk dalam katagori sport entertaiment terbaik di Asia.

Selain itu, juga dibangun kantor KONI Sumsel sebagai pusat center of comitte Asian Games, institut olahraga Indonesia bertarap internasional dengan dana APBN, ujarnya.

Ia menyatakan, selanjutnya pembangunan atlet village atau desa atlet yang kini sudah ada tiga blok di kawasan Jakabaring, Palembang.

Kemudian pembangunan lapangan bola untuk berlatih dan pollo air juga dibangun khusus, karena pada waktu SEA Games lalu menggunakan kolam renang Lumban Tirta.

Rencana pembangunan arena pertandingan baru itu seluas 30,8 hektare yakni convention center, bowling dan trans studio, basket ball dan hotel yang total anggarannya Rp1,2 triliun dengan sistem Kerja Sama Pembiayaan atau Build Operate And Transfer (BOT), katanya.*