Rins hingga Alex Marquez siap "comeback" di MotoGP Mandalika

id Motogp mandalika,alex rins,enea bastianini,alex marquez,luca marini,marco bezzecchi

Rins hingga Alex Marquez siap "comeback" di MotoGP Mandalika

Kru Aprilia Racing mengecek motor pembalapnya Maverick Vinales jelang balapan MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). MotoGP seri ke-16 di Mandalika diikuti 22 pembalap dari 11 tim berlangsung pada 13-15 Oktober 2023. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Jakarta (ANTARA) - Grid MotoGP akhir pekan ini dipastikan hampir komplit menyusul sejumlah pembalap yang sebelumnya harus absen dari beberapa putaran musim ini, dipastikan akan melakukan comeback mereka di MotoGP Mandalika yang bergulir mulai Jumat.

Alex Rins (LCR Honda Castrol) akan kembali ke sirkuit sekali lagi setelah tiga bulan absen karena fokus pada pemulihan cedera kaki kanannya di awal musim.

Adapun pemenang MotoGP Amerika Serikat itu sebelumnya mengalami cedera patah tulang di kaki kanan setelah terjatuh di sesi Sprint MotoGP Italia pada Juni.

Meskipun pembalap Spanyol itu memutuskan untuk mundur dari Grand Prix Jepang karena rasa sakit di kaki kanannya, ia kini telah dinyatakan laik balapan untuk kembali bertanding di Grand Prix Indonesia.

Lebih lanjut, pembalap Mooney VR46 Luca Marini juga akan kembali beraksi setelah menjalani operasi patah tulang selangka menyusul tabrakannya dengan rekan setimnya Marco Bezzecchi di tikungan pembukaan Sirkuit Internasional Buddh selama Tissot Sprint MotoGP India.

Namun, Bezzecchi masih belum dipastikan memungkinkan untuk balapan karena ia baru saja menjalani operasi. Meski demikian, Bez tetap hadir di Mandalika untuk menyapa para penggemarnya di Indonesia.

Alex Marquez dari Gresini Racing juga sudah dinyatakan fit atau laik berkendara untuk MotoGP Mandalika setelah dilaporkan pulih dari kecelakaan parah yang menimpanya di MotoGP India.

 

Pembalap dengan nomor 73 itu tidak memutuskan untuk comeback di Jepang, dan disebut lebih yakin untuk berupaya tampil maksimal sepanjang akhir pekan ini.

Ada pula Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang akan kembali ke grid setelah melewatkan banyak putaran musim ini. Pembalap Italia itu menjalani operasi pada pergelangan kaki kirinya dan patah tulang tangan kirinya setelah insiden Tikungan 1 di Grand Prix Catalunya, Spanyol.

Sementara itu, MotoGP Mandalika bakal bergulir pada 13-15 Oktober. Untuk pertama ini diisi dengan sesi latihan bebas pertama untuk kelas Moto3 mulai pukul 09.00 WITA dilanjutkan oleh sesi latihan pertama untuk kelas Moto2. Sementara itu, para pembalap di kelas MotoGP dijadwalkan memulai latihan bebas (FP1) pukul 10:45 WITA yang dilanjutkan oleh FP1 Idemitsu Asia Talent Cup.

Selanjutnya, para riders Moto3 dan Moto2 akan kembali turun melakukan sesi latihan kedua diikuti oleh sesi latihan untuk kelas MotoGP. Hari pertama tersebut akan diakhiri oleh FP2 Idemitsu Asia Talent Cup yang dijadwalkan selesai jelang pukul 17.00 WITA.