Sumsel terima SK 75 dewan terpilih

id dprd, dprd sumsel

Sumsel terima SK 75 dewan terpilih

Ketua DPRD Sumatera Selatan Wasista Banbang Utoyo (FOTO antarasumsel.com/Susilawati/14)

Palembang (ANTARA Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan saat ini sudah menerima surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri untuk 75 orang calon anggota dewan terpilih pada Pemilu Legislatif April lalu.

"Surat keputusan (SK)nya sudah turun dan diterima, tetapi masih dalam bentuk copian," kata Ketua DPRD Sumatera Selatan, Wasista Bambang Utoyo ketika ditanya mengenai SK pelantikan calon anggota dewan terpilih di Palembang, Senin.

Menurut dia, dengan sudah turunnya SK tersebut, maka tidak bisa berubah lagi dan untuk merubahnya tidak mudah, karena harus melalui proses.

Jadi, untuk merubahnya tidak gampang, usulan dulu melalui gubernur, ke DPRD, ke Mendagri, kalau disetujui, katanya.

Sementara mengenai calon legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional yang akan diganti, ia menyatakan, dengan waktu yang ada sekarang ini tidak mungkin lagi, kemungkinan pengganti antarwaktu (PAW).

Apalagi, baru usulan pemecatan, belum usulan penggantian dan usulan penggantian itu belum masuk ke DPRD Sumsel, ujarnya.

Ia mengatakan, masih panjang prosesnya dari DPRD Sumsel saja usulannya belum ada, belum lagi Mendagri.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, kalau pihaknya sudah menerima SK 75 calon anggota DPRD Sumatera Selatan terpilih tersebut.

"Sudah diterima, tinggal menunggu pelantikan anggota DPRD Sumsel pada 24 September 2014," jelasnya.

Ia menuturkan, anggota DPRD Sumsel lama ada 25 orang, sedangkan yang baru sebanyak 50 orang dari 75 anggota dewan akan dilantik tersebut.

Dalam pemilu legislatif April 2014 PDI Perjuangan menjadi partai pemenang dengan meraih 13 kursi dari 75 kursi DPRD Sumsel yang diperebutkan.