KPU: Bangka Tengah nyatakan Pilpres sukses

id kpu, kpu nilai pilpres sukses

KPU: Bangka Tengah nyatakan Pilpres sukses

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Koba (ANTARA Sumsel) - KPU Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menyatakan pelaksanakan pesta demokrasi Pemilu Presiden 9 Juli 2014 di daerah itu berjalan sukses dan demokratis.

"Secara umum Pilpres 9 Juli berjalan aman dan demokratis, sukses penyelenggaraan dan tahapan berjalan dengan baik," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Suryansyah di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu mulai dari tingkat desa hingga kecamatan sudah bekerja dengan baik dan profesional sehingga menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas.

"Penyelenggara pemilu mulai dari PPS, PPK dan KPU bekerja cepat dan tepat sehingga tidak ada ditemukan kesalahan yang fatal," ujarnya.

Namun demikian, katanya, kesuksesan itu tidak terlepas dari partisipasi semua pihak mulai dari masyarakat hingga aparat keamanan.

"Memang partisipasi masyarakat dalam Pilpres 9 Juli 2014 lebih rendah dibandingkan pemilu legislatif pada 9 April lalu. Namun sosialisasi dan ajakan sudah kami lakukan secara gencar," ujarnya.

Ia menyatakan, berdasarkan hasil perolehan suara akhir yang sudah disahkan dalam rapat pleno maka pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-JK unggul dalam perolehan suara atas pasangan Prabowo-Hatta.

Jokowi-JK dinyatakan unggul dalam perolehan suara di Kabupaten Bangka Tengah yaitu sebesar 52.707 suara atau sebsar 69,74 persen atas pasangan Prabowo-Hatta yang hanya berhasil mengumpulkan 22.078 suara atau sebesar 29,22 persen.

Partisipasi pemilih pada Pilpres 9 Juli 2014 menurun yaitu hanya besar 61,67 persen jika dibadingkan pada pemilu legisltif 9 April lalu 73,33 persen.

Tercatat, warga yang menggunakan hak pilih sebanyak 75.568 orang sementara daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu tercatat sebanyak  122.527 orang.