Kemampuan fisik atlet andalan Sumsel meningkat

id KONI, KONI Sumsel, KONI Sumsel jelang PON Jabar, Atlet Sumsel tes fisik, Kemampuan fisik atlet andalan Sumsel meningkat

Kemampuan fisik atlet andalan Sumsel meningkat

Sejumlah atlet andalan Sumsel jalani tes fisik. (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly Rosana)

Tes fisik ini direncanakan sebanyak empat kali dalam setahun untuk memantau dan mengevaluasi kemampuan setelah menjalani program latihan pada periode tertentu...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kemampuan fisik sejumlah atlet andalan Sumatera Selatan yang tergabung dalam program KONI Provinsi Sriwijaya Cemerlang mengalami peningkatan berdasarkan hasil tes di Palembang, Senin (12/5).
   
"Dari beberapa indikator dan paramater yang digunakan dapat disimpulkan terjadi peningkatan sekitar 20 persen untuk kemampuan fisiknya jika dibandingkan hasil tes Desember lalu," kata Ketua Panitia Pelaksana Tes dan Pengukuran Fisik Triyanto di Palembang, Kamis.
  
 Ia mengemukakan, melalui 10 item tes yakni berat badan/tinggi badan, sit and reach, vertical jump, triple hoop, shuttle run, sprint 30 meter, sit up, push up, ball medicine, dan balke test, dapat dipahami mengenai kondisi terkini seorang atlet.
   
"Tes fisik ini direncanakan sebanyak empat kali dalam setahun untuk memantau dan mengevaluasi kemampuan setelah menjalani program latihan pada periode tertentu," ujarnya.
   
Sementara ini, menurutnya dari 124 atlet perserta tes tersebut diketahui bahwa sebagian besar menjalani pola hidup sebagai olahragawan.
   
"Pola hidup sehat, seperti menjaga keseimbangan antara asupan makanan, kegiatan, dan istirahat harus dijalankan atlet jika ingin menggapai prestasi tertinggi," katanya.
   
Sumsel membina kurang lebih seratus orang atlet untuk menembus peringkat 10 besar pada PON Jabar 2016. Sementara, pada PON di Riau tahun 2012 sebatas berada pada urutan ke-14 dengan meraih 10 emas.