KONI Sumsel gelar workshop bagi pelatih cabor PON XXI/2024

id sumsel, koni sumsel, pon xxi/2024

KONI Sumsel  gelar workshop bagi pelatih cabor PON XXI/2024

Dokumentasi - Atlet cabang atletik Sumatera Selatan, Panji saat bertanding pada ajang Porprov Sumsel 2023 di Kabupaten Lahat. (ANTARA/ Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - KONI Sumatera Selatan akan menggelar workshop yang diikuti 51 orang pelatih pelatih cabang olahraga PON XXI/2024 Sumsel pada 1-3 Maret 2024.

"Rencananya workshop pelatih akan digelar 1-3 Maret 2024. Ini merupakan bagian dari tahapan strategis sebelum pengukuhan kontingen dan pemusatan latihan bagi atlet," kata Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dr Arianto di Palembang, Selasa (27/2/2024).

Pada kegiatan itu, kata Arianto akan digunakan untuk memaparkan hasil test kesehatan dan fisik yang digelar 16-21  Februari 2024 lalu.

Para pelatih akan mendapatkan masukan tentang hasil test atlet masing-masing baik kesehatan maupun kebugaran fisiknya untuk selanjutnya ditindak lanjuti dalam bentuk latihan intensif.

"Kita akan sampaikan informasi hasil test kesehatan dan fisik atlet. Dan itu akan menjadi informasi penting bagi seorang pelatih," katanya.

Ia menyebutkan, Sumsel meloloskan 322 atletnya di 51 cabang olahraga. Selain akan ditangani pelatih cabang olahraga masing-masing, KONI Sumsel juga akan memberikan pendampingan baik bidang kesehatan, sport science maupun teknis yang dilakukan mereka yang memiliki kualifikasi di bidangnya masing-masing.

"Kita akan himpun kebutuhan cabang olahraga, masukan pelatih serta pendampingan yang diperlukan mereka. Saat ini telah dilakukan pemilahan cabang olahraga untuk klaster cabang permainan, terukur dan cabang bela diri," katanya.

Sebelumnya KONI Provinsi Sumatera Selatan menuntaskan tahapan tes kesehatan dan fisik atlet daerah itu sekaligus untuk memetakan tingkat kebugaran atletnya untuk dipersiapkan menuju PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Tahapan pertama tes kesehatan, dilanjutkan tes fisik yang tuntas pada 21 Februari lalu. Diharapkan hasilnya memetakan kebugaran dan kesiapan atlet sebelum memasuki Pelatda PON XXI/2024," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumsel Syafril Chaniago.

Ia menyebutkan, program tes kesehatan dan fisik atlet dilakukan serentak 16, 17 dan 19 Februari 2024 di  RS YK Mandira Palembang. Sementara itu test fisik digelar pada 19-21 Februari 2024 di Venue Atletik, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.