Calon anggota KPU Musirawas jalani tes kesehatan

id kpu, calon anggota kpu, jalani tes kesehatan

Calon anggota KPU Musirawas jalani tes kesehatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Tim Seleksi calon anggota KPU Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan tengah melakukan tes kesehatan bagi 40 orang peserta.

Rangkaian tes kesehatan itu meliputi tes psikologi dengan materi tertulis, wawancara dan seleksi kelompok teratas hingga 23 Oktober 2013, kata ketua panitia seleksi calon anggota KPU Musirawas Ibramsyah dihubungi, Selasa.

Ia mengatakan, hasil tes psikologi itu akan diumumkan 29 oktober 2013, bagi yang lulus kembali dilakukan tes wawancara dan klarivikasi tanggapan masyarakat.

Kemudian dari hasil tersebut akan dipilih sebanyak sepuluh orang yang terbaik, setelah itu diajukan ke KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk memilih lima calon anggota KPU baru, jelasnya.

Anggota KPU Musirawas yang baru itu untuk menggantikan empat komisioner dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) beberapa pekan lalu.

Sebelumnya panitia seleksi sudah menyebar 100 lembar formulir pendaftaran kepada masyarakat di 21 kecamatan di wilayah itu, namun yang mengembalikan formulir hanya 40 orang.

Sementara, mengenai hasil seleksi kesehatan tersebut diserahkan langsung kepada tim ahlinya, sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur dikemudian hari.

"Kita menyerahkan tes kesehatan itu kepada tim yang telah ditunjuk dan tidak ada intervensi dari panitia untuk memenangkan seorang," katanya.

Kepala Sekretariat KPU Musirawas Lion mengatakan, pihaknya sangat berharap penjaringan anggota KPU yang baru itu bisa dipercepat mengingat tahapan Pemilu Legislatif terus berjalan.

Dengan kekosongan komisoner KPU Musirawas, otomatis tahapan Pemilu di wilayah itu terganggu, meskipun kewenangan KPU Musirawas sudah diambilalih KPU Sumatera Selatan.

Selain itu, juga diharapkan dalam penjaringan anggota KPU Musirawas priode 2013-2018 betul-betul murni dan transparan, sehingga tidak ada protes dari pihak lain, ujarnya.