Kemenag: Sumsel ada tiga biro perjalanan resmi

id kemenag, biro perjalanan haji resmi

Kemenag: Sumsel ada tiga biro perjalanan resmi

Kementerian Agama Republik Indonesia (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan hingga saat ini baru memiliki tiga biro perjalanan resmi, atau memiliki izin dalam pemberangkatan jamaah calon haji yang ditunjuk Kantor Wilayah Kementerian Agama setempat.

Biro perjalanan haji yang resmi itu yakni Anaja, Pandi Kencana dan Ami Tour, kata Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin di Palembang, Kamis.

Memang, banyak biro perjalanan di Sumsel tetapi hanya tiga itu yang memiliki izin dalam pemberangkatan jamaah calon haji plus atau ONH plus.

Jadi bila ingin menunaikan rukun Islam kelima pihaknya menunjuk tiga biro yang memiliki izin dalam pemberangkatan calon jamaah haji.

Hal ini untuk menghindari supaya tidak terjadi permasalahan dalam pemberangkatan terutama haji plus, kata dia.

Selain itu perlu diketahuinya biro perjalanan yang resmi supaya calon haji tidak tertipu dalam pemberangkatan menunaikan rukun Islam kelima.

Ia mengatakan, sekarang ini daftar tunggu calon jamaah haji di Sumsel telah mencapai puluhan ribu dengan pemberangkatan akan habis hingga 2025.

Dengan panjangnya jadwal pemberangkatan itu maka kemungkinan biro perjalanan banyak yang mendekati sekaligus menjanjikan kemudahan, padahal kuota sudah habis.

Namun, bila mendaftar pada biro perjalanan resmi maka pihaknya dapat memantau perkembangan calon jamaah terutama dalam pemberangkatan.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga minta kepada calon jamaah haji untuk tetap berkoordinasi dengan kantor Kementerian Agama terutama ingin berangkat menuju Arab Saudi, bila melalui ONH Plus.