Tagana ASEAN bakti sosial di Palembang

id tagana, bakti sosial, tagana asean, asean, gelar pertemuan, pertemuan tagana asean di palembang

Tagana ASEAN bakti sosial di Palembang

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

...Kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 1.000 orang Tagana dari 33 Provinsi di Indonesia dan 35 relawan dari negara ASEAN...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan membuka bakti sosial Taruna Siaga Bencana (Tagana) ASEAN di Jakabaring Palembang, Senin (7/10).

Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Sabtu, mengatakan, Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah pertemuan relawan Asia Tenggara dipusatkan di kawasan olahraga Jakabaring, Palembang, 7-10 Oktober 2013.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.000 orang taruna siaga bencana (Tagana) dari 33 Provinsi di Indonesia dan 35 relawan dari negara ASEAN.

Sementara acara tersebut akan dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain simulasi bencana baik di darat, laut dan udara, maupun penyuluhan tentang tanggap bencana ke sekolah-sekolah melalui agenda Tagana "Goes To School".

Selain itu penanaman pohon di kawasan Jakabaring, dan kegiatan bedah rumah di kawasan Plaju Darat Palembang.

Khusus penghijauan nantinya direncanakan ditanam pohon yakni jenis pohon bibit buah-buahan khas daerah dari provinsi peserta.

Mengenai persiapan, menurut dia, pihaknya telah mempersiapkan segala fasilitas pendukung agar bakti sosial Tagana itu berlangsung sukses.

Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam meningkatkan kerja sama dalam tanggap darurat.

Bakti sosial Tagana merupakan program Kementerian Sosial, dan Pemprov Sumsel hanya bersifat membantu agar kegiatan tersebut terselenggara dengan baik, katanya.