Sumsel ajukan rencangan panitia lokal ISG

id isg, panitia lokal isg, isg sumsel, islamic solidarity games

Sumsel ajukan rencangan panitia lokal ISG

Islamic Solidarity Games (ISG) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajukan rancangan susunan panitia lokal Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, dengan bertemu perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Selasa.

"Sejumlah perwakilan pengurus KONI Sumsel seperti Ketua Umum Muddai Madang, Sekretaris Umum Maryamah Bustam, turut dalam rombongan ke Jakarta hari ini dengan membawa draf susunan panitia ISG," kata Anggota Bidang Hubungan Masyarakat KONI Sumatera Selatan Darmansah di Palembang, Selasa.

Ia mengemukakan, rancangan panitia pelaksana Islamic Solidarity Games (ISG) itu sebelumnya telah ditetapkan dalam rapat tertutup berbagai unsur terkait di Palembang, Sabtu (13/7).

"Kepanitiaan merupakan unsur vital dalam pelaksanaan suatu kegiatan olahraga jadi harus segera dibentuk, apalagi masa persiapan tinggal dua bulan lagi," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Umum KONI setempat Maryamah mengatakan Sumsel telah bekerja mempersiapkan diri sebagai tuan rumah meskipun payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres) belum diterbitkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sumsel dikejar waktu jadi harus bekerja ekstra seperti melakukan pembenahan arena pertandingan hingga membentuk kepanitiaan," katanya.

Menurutnya, kepanitiaan besar ISG itu akan didominasi sumber daya manusia asal Sumsel, mengingat bertindak sebagai tuan rumah.

Meskipun demikian, terdapat pula unsur dari pemerintah pusat yang bertindak sebagai penanggungjawab.

"Bisa dikatakan hampir 90 persen susunan kepanitiaan akan berasal dari Sumsel karena berkaitan dengan hal-hal teknis," katanya.

Sumsel ditetapkan sebagai tuan rumah ISG 2013 menggantikan Provinsi Riau dalam rapat koordinasi Menpora Roy Suryo, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan instansi terkait, di kantor Kemenkokesra, Jakarta, Selasa (2/7).

Provinsi Sumsel yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 ini hingga kini masih menunggu payung hukum Keppres untuk mengambil langkah berkaitan dengan penggunaan dana dan lainnya.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial dari 25 negara akan ambil bagian pada ISG, ajang olahraga edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.