Panitia Sumsel sebut pendaftaran calon mahasiswa jalur SNPMB diperpanjang

id SNPMB 2023,Universitas Sriwijaya,Sumatera Selatan,Mahasiswa Baru

Panitia Sumsel sebut pendaftaran calon mahasiswa jalur SNPMB diperpanjang

Arsip- Peserta mengikuti UTBK-SBMPTN di gedung Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya di Kampus Bukit Besar, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (31/5/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22).

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Panitia lokal Provinsi Sumatera Selatan mengumumkan masa pendaftaran atau registrasi akun penerimaan mahasiswa baru diperpanjang hingga 17 Maret 2023 untuk jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

“Panitia pusat memberikan kesempatan registrasi akun SNPMB paling lambat tanggal 17 Maret 2023, pukul 15.00 WIB,” kata Perwakilan panitia lokal Sumsel dari Universitas Sriwijaya, Zulkifli Dahlan, dikonfirmasi di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, akun SNPMB tersebut merupakan syarat bagi para peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023 untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Periode registrasi akun SNPMB sebelumnya dibagi dalam dua tahap pertama yakni dari tanggal 9 Januari 2023 sampai 15 Februari 2023 dan tahap kedua dilangsungkan dari 15 Februari 2023 sampai dengan 3 Maret 2023.

Namun, dia menyebutkan, diputuskan untuk perpanjangan karena berdasarkan evaluasi masih banyak ditemukan permasalahan proses verifikasi di Pusat Data dan Tekonlogi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) bagi calon peserta yang datanya belum lengkap.

kelengkapan data tersebut antara lain NPSN, NISN, tanggal lahir, jurusan dan persyaratan lainnya yang mesti dicantumkan dalam laman pendaftaran mahasiswa baru.

Ia menyatakan, kebijakan perpanjangan masa registrasi akun tersebut diatur dalam surat edaran tim pelaksana SNPMB nomor 01/SE.SNPMB/2023 tertanda tangan Ketua Tim Penanggung jawab SNPMB Mochammad Ashari yang terbit pada 3 Maret 2023.

SNPMB tahun 2023 dikelola penuh oleh tim nasional Balai Pengelolaan Pengujian pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi tanpa dipungut biaya apapun.

Dalam SNPMB tahun ini Universitas Sriwijaya sendiri menerima sebanyak 20 persen atau sekitar 1.600 – 2.000 orang calon mahasiswa yang tersebar di 10 fakultas kampus kuning ini.