Polda Sumsel layani cek kesehatan panitia dan personel yang terlibat pengamanan Pemilu

id Polda Sumsel,Pemilu,KPPS,KPU

Polda Sumsel layani cek kesehatan panitia dan personel yang terlibat pengamanan Pemilu

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Rachmat A Wibowo (kiri) bersama Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Harryo Sugihhartono (kanan). ANTARA/HO-Polda Sumsel

Palembang (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan memberikan layanan kesehatan kepada petugas penyelenggara pemilihan umum (pemilu) pascahari-H pencoblosan, Rabu (14/2).
 
"Pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatan dan memberikan vitamin kepada petugas Pemilu 2024 yang bertugas di lapangan," ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo di Palembang, Jumat.
 
Kapolda mengatakan bahwa pelayanan kesehatan ini tidak hanya untuk petugas kepolisian yang bertugas di panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan gudang-gudang penyimpanan logistik pemilu, tetapi juga kepada rekan-rekan dari pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan.
 
"Kami juga memberikan pengarahan kepada petugas penyelenggara pemilu agar mengutamakan kesehatan. Penyelenggara itu ada, panwaslu, bawaslu, KPU, KPPS. Kalau KPPS, tugasnya sudah selesai, kota suara hampir sudah ada di PPK sekarang, kami jaga kesehatan petugas PPK," katanya.

Irjen Pol. Rachmad mengingatkan kepada seluruh penyelenggara pemilu maupun personel TNI/Polri terkait dengan tugas pemilu ini berat dan masih panjang waktunya, ditambah lagi medan yang cukup berat dan cuaca yang tidak menentu.
 
"Kalau mau berpindah dari satu tempat jangan dipaksakan. Capek jangan dipaksakan, langsung istirahat obat yang paling baik saat kecapaian adalah istirahat," tuturnya.
 
Selain memantau dan mengecek kondisi kesehatan penyelenggara Pemilu 2024, Polda Sumsel menyiagakan personel kesehatan dengan menyiagakan satu unit mobil ambulans beserta peralatan di Posko Kesehatan Penyelenggara Pemilu 2024 di Kantor Camat Seberang Ulu I Palembang.