Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meningkatkan dana untuk bantuan desa di daerah itu supaya pembangunan semakin maju.

Selama ini bantuan setiap desa sebesar Rp20 juta dan sekarang menjadi Rp50 juta, kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat kunjungan ke Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahan, Minggu.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur langsung memberikan bantuan untuk 14 desa di kecamatan tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, desa sebagai pemerintahan paling bawah sehingga menjadi pijakan dasar bagi pembangunan suatu daerah.

Selain itu keberhasilan pembangunan, tidak hanya dilihat berapa banyak fisik yang dibangun di perkotaan tetapi juga kesejahteraan masyarakat di pedesaan, ujar dia.

Melihat permasalahan tersebut maka dana untuk bantuan desa ditingkatkan, ujar dia.

Gubernur meminta, bantuan yang diberikan tersebut dimanfaatkan sesuai arah penggunaan yang telah ditetapkan pada petunjuk teknisnya.

"Yang jelas, bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Sumsel supaya desa menjadi mandiri," kata dia.

Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan pembangunan di desa dapat berjalan lancar sehingga pemerintahan terbawah itu menjadi dapat menjadi pondasi yang kuat untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, kata dia.

Sementara itu, salah seorang tokoh adat Kecamatan Tanjung Aakti Pumu Darsono mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian pemimpin kepada masyarakat yang dipimpinnya.

Oleh karena itu bantuan tersebut diharapkan berjalan lancar sehingga daerahnya semakin mandiri, ujar dia.

Pemuka Desa Tanjung Alam Minto mengatakan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya sekolah dan berobat gratis yang dilaksanakan gubernur.

Hal ini karena kedua program tersebut sangat sesuai dengan keinginan masyarakat sehingga perlu terus dilanjutkan serta ditingkatkan kualitasnya, tambah dia. (ANT-U005)

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar